Doa Naik Kendaraan Darat, Udara, Laut Arab, Latin dan Artinya

Umat Islam sangat dianjurkan untuk berdoa dalam keadaan apapun karena doa merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Termasuk keinginan untuk selamat dalam perjalanan dan berkendara. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui doa naik kendaraan sesuai sunnah.

Terlebih Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam juga telah mengajarkan doa-doa khusus yang bisa dipanjatkan sebelum menempuh perjalanan atau selama di perjalanan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan tentang adab dan doa mau bepergian naik kendaraan di bawah ini.

Daftar Isi

Manfaat yang Didapatkan dari Bepergian

Biasanya orang melakukan perjalanan atau bepergian karena memiliki tujuan tertentu. Mulai dari urusan pekerjaan, mencari nafkah, mencari ilmu, dakwah, refreshing dan lain sebagainya. Oleh karena itu manfaat yang akan didapatkan pun bisa berbeda-beda. Seperti pada penjelasan berikut:

1. Menghilangkan Kepenatan

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan bepergian adalah menghilangkan penat dan stress yang menumpuk akibat banyaknya masalah atau kesibukan yang padat. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah dan memanjakan mata.

Bisa dikatakan jika perjalanan yang satu ini merupakan sarana untuk refreshing sehingga diharapkan setelah bepergian bisa kembali fresh dan rileks. Bepergian di sini juga bisa dengan mengunjungi tempat makan yang menyajikan menu berbeda dari yang biasa dimakan.

2. Mendapatkan Uang

Manfaat lain dari melakukan perjalanan atau bepergian adalah mendapatkan uang dan penghidupan. Jenis perjalanan ini tentunya sangat berkaitan dengan kegiatan mencari nafkah, bekerja, berbisnis, berdagang dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan perjalanan merantau ke daerah lain atau bahkan ke negara lain yang tujuannya adalah mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

3. Menambah Teman

Yang ketiga, aktivitas bepergian bisa menjadi sarana untuk menambah teman dan relasi sehingga lingkungan pertemanannya semakin luas dan memberikan manfaat yang saling menguntungkan. Salah satu contohnya adalah bepergian dengan komunitas dan lainnya.

4. Menambah Ilmu dan Amal

Manfaat lainnya adalah sebagai sarana untuk menambah ilmu dan amal, khususnya bagi umat Islam yang bepergian untuk tujuan mencari ilmu. Perjalanan tersebut juga bisa menjadi sarana untuk berdakwah sehingga bisa menambah amal shalih.

5. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Perjalanan yang dilakukan ke berbagai daerah tentu akan memberikan pelajaran yang sangat berharga. Karena setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing yang harus dihormati dan dihargai. Dengan perjalanan tersebut maka akan menambah wawasan dan pengetahuan.

Adab dan Sunnah Naik Kendaraan

Adab-dan-Sunnah-Naik-Kendaraan

Pada dasarnya naik kendaraan identik dengan aktivitas safar atau bepergian dan melakukan perjalanan ke suatu tempat. Dalam melakukan perjalanan tersebut, ada beberapa sunnah yang penting untuk diteladani dan dilakukan sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

Selain membaca doa ketika naik kendaraan, umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan beberapa sunnah seperti berikut:

Hadits tentang Doa Naik Kendaraan

Saat ini sangat lumrah bepergian dengan menaiki kendaraan, entah itu untuk perjalanan yang dekat maupun perjalanan jauh. Dengan kemajuan di bidang transportasi, hampir semua orang bepergian dengan kendaraan. Kecuali untuk jarak dekat yang bisa diakses dengan jalan kaki.

Doa saat bepergian sendiri memiliki keutamaan yang istimewa karena termasuk ke dalam salah satu waktu yang mustajab. Hal ini seperti yang diterangkan dalam hadits shahih berikut:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artinya:

“Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: doa orang yang terzalimi, doa seorang musafir, dan doa orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad, 12:479; Tirmidzi, no. 1905; Ibnu Majah, no. 3862. Syaikh Al-Albani menghasankan hadits ini).

Selain itu, jika sedang melakukan perjalanan dengan naik kendaraan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam juga memanjatkan doa. Seperti yang terdapat dalam hadits shahih berikut ini, Abu Hurairah berkata:

Apabila Rasulullah Saw bepergian dengan naik kendaraan, beliau selalu berisyarat dengan kedua jari tangannya dan bersabda: Ya Allah, Engkaulah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, sertailah kami dengan nasihat dan kembalikan kami dengan jaminan. Ya Allah perpendeklah jarak bumi bagi kami dan mudahkanlah perjalanan itu bagi kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan dan kesedihan saat kembali”.

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Pada dasarnya setiap doa yang dipanjatkan memiliki banyak keutamaan sehingga sangat baik jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya ketika bepergian dengan kendaraan dan membaca doa selama di perjalanan. Adapun keutamaannya adalah seperti berikut:

1. Mendatangkan Pahala Kebaikan

Salah satu keutamaan dari kebiasaan membaca doa saat bepergian naik kendaraan adalah mendatangkan pahala kebaikan. Seperti yang diketahui, setiap doa merupakan sarana untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sehingga dengan berdoa maka hal itu akan mendapatkan pahala. Selain itu, di dalam doa juga ada harapan yang baik. Dengan demikian maka setiap doa yang dipanjatkan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain akan mendatangkan pahala.

2. Perjalanan yang Diridhoi Allah SWT

Keutamaan lainnya yang akan didapatkan adalah mendapatkan ridho Allah selama menempuh perjalanan dengan kendaraan. Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi umat muslim yang hendak bepergian selalu memanjatkan doa keselamatan dan naik kendaraan dengan benar.

3. Perjalanan Lancar Tanpa Kendala

Memanjatkan doa keluar rumah dan doa naik kendaraan menjadi salah satu kesaksian serta pengakuan atas kekuasaan Allah Yang Maha Besar. Dengan doa tersebut maka perjalanan yang ditempuh akan semakin lancar dan tanpa kendala, atas izin Allah SWT.

4. Memberikan Rasa Aman

Memulai perjalanan dengan naik kendaraan tentunya akan terasa lebih aman dan nyaman jika diawali dengan doa. Dengan berdoa maka hal itu sekaligus menjadi sarana untuk berserah diri dan mempercayakan semuanya kepada Allah saja sehingga hati lebih tenang.

5. Diberikan Perlindungan oleh Allah SWT

Sudah seharusnya umat muslim memasrahkan keselamatan dan hidupnya kepada Allah SWT. Karena Allah menjadi satu-satunya tempat untuk berlindung dari segala musibah dan marabahaya. Doa tersebut bisa dipanjatkan ketika naik berbagai jenis kendaraan.

Bacaan Doa Naik Kendaraan Lengkap (Arab, Latin dan Artinya)

Bacaan-Doa-Naik-Kendaraan-Lengkap

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis kendaraan yang sering digunakan sebagai sarana untuk bepergian ke berbagai tempat sesuai kebutuhan. Mulai dari kendaraan darat seperti sepeda, sepeda motor, mobil, bus, hingga kereta api, kendaraan laut seperti kapal serta pesawat.

1. Doa Ketika Naik Kendaraan Darat

Bagi umat muslim yang hendak bepergian dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil, bus dan kereta api maka dianjurkan untuk memanjatkan doa agar diberikan kemudahan dan keselamatan. Adapun doanya adalah seperti berikut:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wama kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun.

Artinya: Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

2. Doa Ketika Naik Kapal Laut

Selain membaca doa naik kendaraan darat yang telah disebutkan diatas, bagi yang hendak melakukan perjalanan dengan kapal laut atau berlayar juga sebaiknya memanjatkan doa khusus. Berikut ini adalah doa yang sebaiknya dipanjatkan:

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

3. Doa Ketika Naik Pesawat

Demikian juga bagi umat muslim yang hendak melakukan perjalanan melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat, maka dianjurkan membaca doa berikut ini agar perjalanannya lancar dan selamat.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

4. Doa Ketika Keluar Rumah

Selain doa hendak naik kendaraan diatas, ada pula doa yang dipanjatkan ketika keluar rumah sehingga tetap dalam perlindungan Allah dan mendapatkan keselamatan. Doa ini tentunya bisa diamalkan ketika bepergian karena merupakan doa umum ketika keluar dari rumah.

            بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillahi Tawakkaltu’ Alalloh, Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Sebagai umat muslim sudah seharusnya mengamalkan doa-doa yang disunnahkan, seperti pada doa naik kendaraan yang telah diulas sebelumnya. Dengan memanjatkan doa tersebut maka akan mendapatkan rasa aman dan perlindungan dari Allah SWT sehingga selamat sampai tujuan.

Baca Juga: