Doa Masuk Masjid versi Pendek dan Panjang (Arab, Latin, Arti)

Masjid adalah tempat suci yang digunakan untuk menyembah Allah SWT dan menjalankan ibadah bersama umat muslim. Saat memasuki masjid, dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid dengan penuh kesadaran dan khusyuk sebagai permohonan ampun kepada Allah SWT.

Dengan memulai kunjungan ke masjid dengan doa, umat muslim menunjukkan rasa syukur dan kesadaran akan kehadiran Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan artikel mengenai pentingnya membaca doa ketika masuk masjid dan penjelasannya.

Daftar Isi

Doa Masuk Masjid dalam Dua Versi

Doa Masuk Masjid dalam Dua Versi

Ketika memasuki masjid, ada dua versi doa yang bisa dilafalkan oleh umat muslim. Di bawah ini merupakan kedua doa yang di maksud:

Doa Masuk Masjid Versi Pendek

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika.

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa Masuk Masjid Versi Panjang

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wash-shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya:

” Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu.”

Doa Keluar Masjid

Jangan lupa juga untuk membaca doa keluar masjid setelah melaksanakan ibadah di dalam masjid. Berikut adalah doa keluar masjid yang dianjurkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

Artinya:

” Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu.”

Pentingnya Membaca Doa Saat Memasuki Masjid

Bagi umat muslim, sangat penting membaca doa ketika akan memasuki masjid. Sebagai tempat suci dan tempat ibadah, di bawah ini merupakan pentingnya membaca doa ketika hendak memasuki masjid:

1. Sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW telah mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa ketika memasuki masjid. Membaca doa ini merupakan tindakan yang mengikuti jejak dan sunnah beliau. Sebagai umat muslim, penting bagi kita untuk mengikuti teladan Nabi dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam ibadah.

2. Meningkatkan Kesadaran Spiritual

Membaca doa ketika masuk masjid adalah cara untuk meningkatkan kesadaran kita akan tempat suci yang kita masuki. Masjid adalah rumah Allah SWT dan tempat ibadah yang khusus. Dengan membaca doa, kita mengingatkan diri sendiri tentang kehadiran Allah SWT dan memfokuskan pikiran kita pada ibadah yang akan kita lakukan di dalam masjid.

3. Meminta Keberkahan

Doa yang dibaca ketika memasuki masjid juga merupakan permohonan kita kepada Allah SWT untuk memberkahi kunjungan kita ke tempat-Nya. Kita memohon kepada Allah agar memberikan rahmat, keberkahan, dan ampunan-Nya. Dengan ini, kita berharap bahwa ibadah kita di dalam masjid akan diterima dan mendapatkan pahala yang besar.

4. Menjaga Adab dan Etika

Membaca doa ketika memasuki masjid adalah bagian dari adab dan etika dalam beribadah. Adab ini mengajarkan kita untuk menghormati dan menghargai tempat suci seperti masjid. Dengan membaca doa, kita menunjukkan rasa hormat kita kepada Allah dan juga kepada tempat ibadah tersebut.

5. Mengingatkan Tujuan Ibadah

Membaca doa ketika memasuki masjid juga membantu mengingatkan kita tentang tujuan utama ibadah. Kita datang ke masjid untuk beribadah kepada Allah, mendekatkan diri kepada-Nya, dan mencari keberkahan-Nya. Membaca doa dapat membantu mengingatkan diri sendiri tentang niat dan fokus dalam melakukan ibadah di dalam masjid.

Meskipun bukan merupakan hal yang wajib, namun membaca doa ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Bahkan sejak anak-anak pun sudah bisa dikenalkan dengan bacaan doa ini untuk membiasakan diri saat dewasa kelak.

Keutamaan Membaca Doa Ketika Memasuki Masjid

Membaca doa ini memiliki keutamaan dalam agama Islam. Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca doa saat memasuki rumah Allah SWT beserta dalil-dalilnya:

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Ketika seseorang membaca doa, ia akan mendapatkan pahala yang besar. Hal ini karena masjid merupakan tempat ibadah yang dihormati dan diberkahi oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud, Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang masuk ke masjid dengan niat yang baik, Allah akan mencatatkan baginya satu kebaikan dan menghapuskan satu dosa.” (Abu Daud)

2. Mendapatkan Perlindungan dari Godaan Setan

Membaca doa ini juga dapat memberikan perlindungan kepada umat Muslim dari godaan setan. Setan tidak disukai oleh Allah SWT dan diusir dari masjid. Dengan membaca doa ini, umat muslim akan mendapat perlindungan dari pengaruh negatif setan.

3. Memohon Keberkahan dan Hidayah dari Allah SWT

Keutamaan lainnya adalah sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dan hidayah dalam setiap langkah dan aktivitas yang dilakukan di dalam masjid.

Membaca doa ini adalah aktivitas yang dianjurkan dan memiliki keutamaan dalam agama Islam.

Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah, Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang masuk ke masjid, maka hendaklah dia berdoa: ‘Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu’ dan hendaklah dia juga berdoa:

‘Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu dan limpahkanlah kepadaku ilmu.'” (Ibnu Majah)

Adab Masuk Masjid

Ada beberapa adab yang harus diperhatikan dan dijaga oleh umat muslim ketika memasuki rumah Allah SWT. Di bawah ini adalah adab ketika masuk ke dalam masjid:

1. Berwudhu

Sebelum memasuki masjid, sebaiknya umat muslim melakukan wudhu terlebih dahulu untuk menjaga kesucian dan kebersihan saat beribadah.

2. Menggunakan Pakaian yang Sopan

Saat memasuki masjid, penting untuk mengenakan pakaian yang sopan dan menutup aurat dengan baik. Pria sebaiknya mengenakan pakaian longgar dan wanita sebaiknya menggunakan hijab atau penutup kepala yang sesuai dengan adab berpakaian dalam Islam.

3. Sunnah Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

Ada anjuran untuk masuk ke masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu dan mengucapkan doa.

4. Bersikap Tenang dan Hening

Di dalam masjid, dianjurkan untuk menjaga ketenangan dan keheningan agar semua orang dapat beribadah dengan khusyuk. Hindari berbicara dengan suara keras atau melakukan tindakan yang mengganggu orang lain.

5. Menjaga Kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan di dalam masjid dengan tidak membuang sampah sembarangan, merawat fasilitas yang ada, dan menjaga kebersihan diri sendiri.

6. Menghormati Sesama Jamaah

Selama berada di masjid, umat Muslim sebaiknya saling menghormati dan menghargai sesama jamaah. Hindari mengganggu orang lain, memberikan salam kepada mereka, dan menjaga sikap yang sopan.

Hal Baik yang Sebaiknya Dilakukan di Dalam Masjid

Saat berada di dalam masjid, sebaiknya umat muslim fokus untuk melakukan ibadah. Masjid adalah tempat yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di bawah ini adalah hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan di dalam masjid:

1. Melaksanakan Sholat

Masjid adalah tempat utama untuk melaksanakan sholat berjamaah. Umat muslim, terutama laki-laki, sebaiknya menjaga kehadiran mereka di masjid dan melaksanakan shalat wajib dan sunnah secara berjamaah.

2. Membaca Al-Qur’an

Masjid adalah tempat yang cocok untuk membaca Al-Qur’an secara khusyuk. Di masjid, umat muslim pun bisa mempelajari, mendalami dan merenungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

3. Menghadiri Ceramah dan Pengajian

Masjid sering menjadi tempat diadakannya ceramah dan pengajian agama. Menghadiri dan mengikuti acara-acara ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan pengetahuan agama yang lebih dalam dan meningkatkan pemahaman tentang Islam.

4. Beribadah di Malam Hari

Di banyak masjid, terutama saat bulan Ramadan, umat Muslim melaksanakan ibadah malam seperti tarawih dan qiyamul lail. Menghabiskan waktu di masjid untuk beribadah di malam hari adalah tindakan baik yang dianjurkan.

5. Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Masjid sering menjadi pusat kegiatan sosial dan amal. Umat Muslim dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti membantu fakir miskin, menggalang dana, atau memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Amalkan Doa Masuk Masjid dalam Kehidupan Sehari-hari

Amalkan Doa Masuk Masjid dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kesibukan hidup modern yang penuh dengan tuntutan dan distraksi, doa menjadi satu-satunya tali yang menghubungkan kita dengan Sang Pencipta. Ketika melangkah masuk ke dalam lingkungan suci masjid, hati dan pikiran kita seharusnya fokus pada hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Doa masuk masjid bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi merupakan momen berharga yang membawa ketenangan bagi jiwa setiap muslim. Semoga setiap langkah kita ke dalam masjid selalu diiringi oleh niat tulus dan doa yang penuh makna.

Baca juga: