Waduk Jatigede Terbesar Di Asia, Jadi Destinasi Wisata Terunik

Salah satu Destinasi di Jawa Barat, yang terkenal dengan Bendungan terbesar ialah Waduk Jatigede. Tempat ini sekarang sudah bisa dijadikan sebagai objek wisatam maupun Destinasi rekreasi liburan unik bersama keluarga.

Pasalnya, Waduk terbesar yang dibangun tersebut sudah hampir selesai. Sehingga siapapun bisa melihat, dan menikmati keindahan pesona yang ada disekitar Bendungan. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, simak artikel hajijatim.id ini saja.

Daftar Isi

Informasi Singkat Seputar Waduk Jatigede Sumedang

Informasi-Singkat-Seputar-Waduk-Jatigede-Sumedang

Waduk Jatigede merupakan Bendungan terbesar nomor 2 di Indonesia setelah Jatiluhur. Memang pembangunan dari Waduk tersebut sudah direncanakan sejak tahun 1980an silam, atau sekitar 40 tahunan lebih pada masa Hindia-Belanda.

Walaupun waduk ini sempat menjadi banyak pertentangan dari seluruh kalangan masyarakat. Namun tetap saja Waduk ini jadi dibangun pada tahun sekitar 2008 silam. Kemudian bendungan tersebut selesai di tahun 2015, lalu mulai beroperasi secara sah pada 2017 lalu.

Pada awalnya memang Hindia Belanda ingin membangun tiga waduk sekaligus di daerah Cimanuk. Hanya saja karena banyak warga yang menentang dan tidak setuju, maka akhirnya waduk tersebut dibangun pada daerah Jatigede saja.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa Waduk ini dapat membendung dan menampung aliran sungai Cimanuk hingga sekitar 979,5 juta meter kubik air. Selain itu, Waduk tersebut digunakan sebagai aliran irigasi masyarakat, maupun pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Bahkan sekarang Waduk terbesar ini dijadikan sebagai tempat berwisata, maupun destinasi rekreasi seluruh masyarakat lokal ataupun wisatawan luar. Kamu bisa melihat langsung besarnya bentuk Waduk, dan juga menikmati keindahan alam sekitar.

Biasanya wisatawan yang berkunjung kesana, ingin mengetahui betapa besarnya bangunan Waduk tersebut. Selain itu terkadang, menjadi salah satu bahan pembelajaran maupun study yang akan di teliti oleh mereka.

Jadi bagi kamu yang penasaran juga dengan besarnya Waduk satu ini. Kamu bisa mendatanginya langsung, sebagai rekomendasi destinasi wisata terbaru yang unik dan juga penelitian untuk kepentingan pekerjaan maupun sekolah.

Alamat Lengkap Dari Lokasi Waduk Jatigede Terbesar Di Asia

Alamat-Lengkap-Dari-Lokasi-Waduk-Jatigede-Terbesar-Di-Asia

Adapun alamat lengkap dari lokasi Bendungan terbesar ini yaitu di Jalan Jatigede Kulon, Cijeunjing, Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. Kamu bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam, agar bisa segera smapai ke Waduk Jatigede kalau dimulai perjalanan dari Kota Sumedang.

Jadi, kalau kamu masuk dari arah Sumedang. Mak bisa langsung mengambil arah yang ke Jalur Tomo atau Situraja. Kemudian dari situ, kamu bisa langsung mengambil jalan ke jalur Warung Ketan, sampai nanti bisa tiba di Lingkar Timur Waduk Jatigede.

Nah, jika sudah sampai sana maka bendungan sudah tidak jauh lagi untuk ditempuh. Kamu bisa mengikuti saja jalan yang ada, sampai nanti langsung bertemu dengan Bendungan Terbesarnya.

Bagi kamu yang berangkat dimulai dari arah Bantarujeg Majalengka. Maka kamu bisa langsung saja mengambil arah jalan ke Jalur Pasar Wado, yang nanti kemudian bisa langsung tembus ke Lingkar Timur Waduk, dan otomatis perjalananmu sudah dekat dengan Bendungan terbesarnya.

Untuk kamu yang berangkat dari Garut atau Tasikmalaya, kamu bisa langsung mengambil jalan memasuki jalur Cibatu, hingga nantinya akan tembus menuju Pasar Wado. Kemudian teruskan perjalanan hingga bertemu dengan Lingkar Timur Waduk, setelah itu kamu akan tiba dengan segera ke Bendungan Terbesar dalam waktu dekat.

Ataupun untuk lebih memudahkan kamu dalam menemukan Waduk tersebut, maka kamu bisa langsung saja menggunaka Google Maps yang sudah tersedia di ponsel Android canggihmu.

Sehingga kamu bisa langsung cepat sampai ke Lokasi dengan cepat dan tepat. Terlebih lagi, jalan menuju Waduk Terbesar itu sangat mudah. Bisa di lalui oleh seluruh kendaraan apapun.

Baik itu motor, mobil, Bus maupun mobil besar lainnya. Jadi tidak menghalangi kamu untuk berkunjung kesana, karena takut jalan yang tidak bisa dilewati. Kamu bisa dengan bebas datang kesana menggunakan jenis kendaraan apapun itu.

Bahkan jalan yang kamu lalui juga sudah di aspal, dan hampir tidak ada jalan jelek yang akan dilalui. Otomatis perjalananmu akan menyenangkan dan mulus.

Biaya Tiket Masuk Ke Waduk Jatigede Jawa Barat Terbaru

Biaya-Tiket-Masuk-Ke-Waduk-Jatigede-Jawa-arat-Terbaru

Untuk bisa memasuki dan melihat Waduk terbesar Se Asia ini. Kamu harus mengeluarkan biaya tiket masuk kedalamnya. Hanya saja sangat murah dan terjangkau sekali, bahkan tidak memberatkan pengunjung yang akan masuk kedalamnya.

Kamu dan pengunjung lainnya hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000 saja per orang. Lalu membayar parkir untuk kendaraan juga. Jika menggunakan motor, maka tarif parkirnya hanya Rp. 2.000 saja, dan Mobil dikenakan Rp. 5.000.

Setelah membayar tiket masuk dan memasuki kawasan Waduk untuk melihat betapa besar Bendungan, dan menikmati keidahan alam sekitar. Kamu juga bisa menjelajahi spot lainnya, yang berada berdekatan dengan Waduk Jatigede tersebut.

Yaitu Puncak Damar, yang harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.000 saja per orangnya. Jadi kamu bisa masuk dan menaiki puncak tersebut, untuk bisa lebih melihat seluruh Pemandangan sekitar Bendungan dengan sangat jelas.

Sehingga keindahan dan juga pesona yang terdapat di Waduk Terbesar itu, dapat kamu rasakan dengan sempurna saat berada di atas Puncak Damar. Otomatis rekreasi dan wisata yang kamu kunjungi tidak sia-sia dan mengecewakan. Bahkan bisa dibilang berwisata indah, santai, tenang dan pastinya murah meriah.

Bagi yang bertanya soal Jam buka ataupun operasional dari Waduk ini. Maka hajijatim.id telah mengumpulkan informasi terkait untuk kalian. Jadi Waduk terbesar ini memiliki jam buka dari 08.00 pagi hingga sore pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk harinya, Waduk ini buka setiap hari dari Senin-Minggu.

Oleh sebab itu, kamu bisa datang kapan saja dan di hari apa saja. Karena Waduk tersebut tidak ada liburnya alias tidak pernah tutup. Hanya saja waktu berkunjung kedalamnya yang memiliki keterbatasan.

Hal tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau membahayakan setiappengunjung yang datang. Sebab penenrangan yang terdapat didalamnya belum banyak, sehingga masih ada keterbatasan dari destinasi tersebut. Jadi kamu dapat berkunjung dan pulang sesuai dengan Waktu yang telah ditentukan saja.

Kegiatan Di Sekitar Waduk Jatigede Yang Bisa Dilakukan

Kegiatan-Yang-Bisa-Dilakukan

Selain menikmati keindahan sekitar bendungan terbesar ini. Ada juga kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan didalamnya, bersama dengan keluarga maupun rombongan yang datang berkunjung ketempat wisata.

Sehingga membuat rekreasi wisata didalamnya lebih menyenangkan, dan pastinya sangat tidak membosankan. Bahkan bisa dijadikan sebagai refrensi sebagai tempat wisata yang wajib didatangi kembali.

Terlebih lagi, untuk kamu yang sedang mengerjakan berbagai penelitian terkait dengan Waduk. Maka cocok sekali dilakukan didalam tempat tersebut. Selain belajar meneliti, kamu juga bisa sambil liburan berwisata sambil menikmati seluruh panorama keindhan sekitar Bendungan.

Untuk itu, hajijatim.id telah merangkumnya buat para pengunjung sekalian yang datang berwisata ke Waduk. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan didalam Bendungan Terbesar ada dibawah ini.

Menaiki Puncak Damar

Kegiatan awal yang bisa kamu lakukan saat berada didalam Waduk yaitu, bisa langsung saja menaiki Puncak Damar yang terletak di sekitar Bendungan. Puncak tersebut berada tidak jauh dari lokasi Waduk terbesar ini.

Sehingga kamu hanya perlu berjalan saja untuk menuju ke Puncak Damar. Kemudian kamu bisa langsung menaiki Puncak tersebut, dan menikmati keindahan seluruh pesona Waduk langsung dari ketinggian Puncak.

Selain itu, kamu juga bisa bersantai di atas puncak sembari istirahat dan menikmati udara sejuk sekitar Puncak. Pasalnya di atas puncak juga terdapat tempat duduk, dan juga saung-saung kecil untuk tempat berteduh maupun beristirahat sejenak.

Jadi otomatis, kegiatan didalam waduk sudah pasti akan lebih menyenangkan. Sebab pemandangan yang dilihat langsung dari atas bukit membuat pengunjung terkagum-kagum, dan pastinya bisa dimanfaatkan untuk pengambilan foto yang sangat mempesona sekaligus estetik langsung dari atas bukit.

Untuk kamu yang ingin merasakan keindahan panorama Waduk terbesar Se Asia ini. Kamu bisa langsung menjadwalkan untuk berkunjung ke Jatigede. Jangan lupa pula untuk mengajak keluarga maupun rombongan lainnya.

Mancing Ikan Sekitar Waduk

Adapun kegiatan yang menyenangkan lainnya bisa kamu lakukan di area sekitar Bendungan seperti Memancing Ikan. Karena pada dasarnya Bendungan tersebut merupakan perkumpulan aliran sungai sekitar wilayah Cimanuk.

Sehingga banyak sekali yang melakukan aktivitas memancing disekitar area Waduk. Terutama sangat cocok sekali bagi para pria yang hobi sekali memancing. Kamu bisa langsung datang ke Waduk ini, supaya bisa menyalurkan Hobi.

Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang besar, untuk menyalurkan hobi memancing tersebut. Sangat murah meriah, jika kamu beruntung maka sudah pasti ada ikan yang bida kamu dapatkan didalam sungai Waduk tersebut.

Jadi, otomatis kamu akan merasa untung, dan pastinya menyenangkan kalau masuk kedalam Waduk ini. Bisa jadi tempat rekreasi, penyalur hobi sekaligus penelitian berbagai study.

Untuk itu, dipersilahkan untuk berkunjung dan mencoba masuk kedalam Waduk terbesar Se Asia ini. Bahkan direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari-cari tempat wisata Murah.

Menaiki Perahu

Didalam Waduk Terbesar ini terdapat penyewaan perahu yang bisa kamu pakai untuk berkeliling sekitar Bendungan, maupun destinasi pantai tidak jauh dari Waduk Jatigede tersebut.

Sehingga bisa menambah pengalaman baru dengan kegiatan menaiki perahu yang ada di dalam Wisata Waduk ini. Kamu bisa berkeliling menggunakan perahu tersebut dengan bebas dan sepuasnya, sambil menikmati udara dan keindahan menelusuri keindahan panorama sekitrar Bendungan.

Agar bisa memabhakan kesan yang tidak terlupakan, kamu bisa mengajak orang kesayangan untuk ikut naik berasma di perahu. Dan yang pastinya jangan lupa mengambil beberapa foto, yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan untuk di share ke media sosial.

Sekian artikel tentang Bendungan Terbesar Jatigede ini. Berbagai informasi terbaru dan terkait sudah diberikan didalamnya, untuk seluruh para pembaca setia hajijatim.id, maupun para traveller yang membutuhkan informasinya.

Baca juga sekalian wisata artikel terkait lainnya :