Kumpulan Doa Setelah Sholat Fardhu – Arab, Latin dan Artinya

Setiap muslim dianjurkan untuk berdoa setelah selesai melaksanakan sholat sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Doa setelah sholat juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah.

Dengan berdoa seseorang akan semakin merasakan kehadiran Allah SWT dalam setiap aspek kehidupannya. Oleh karena itu, perlu dipahami dan diamalkan dengan benar oleh setiap muslim.

Daftar Isi

Pengertian Doa Setelah Sholat

Pengertian Doa Setelah Sholat

Doa setelah sholat adalah doa yang biasanya dibaca setelah seorang muslim menyelesaikan sholatnya. Membaca doa ini merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan termasuk dalam kategori dzikir atau ibadah yang bisa dilakukan setiap saat.

Tujuan dari doa ini adalah untuk memohon ampunan, rahmat, dan hidayah dari Allah SWT. Selain itu, untuk memperkuat ikatan antara hamba dengan Tuhannya.

Doa sesudah menunaikan sholat tidak hanya sekedar rangkaian kalimat yang diucapkan, tetapi juga harus disertai dengan keyakinan dan keikhlasan hati yang tulus. Dalam doa ini, seorang Muslim bisa memohon segala sesuatu yang baik untuk dirinya dan untuk orang lain. Misalnya seperti kesehatan, keselamatan, kebahagiaan, rejeki yang halal, keberkahan, dan lain sebagainya.

Di antara doa sesudah sholat yang sering dibaca oleh umat Muslim adalah doa Istighfar, doa Shalawat, doa Ta’awwudz, doa Tahlil, dan doa lainnya yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini juga dapat dibaca dalam berbagai bahasa, tergantung dari bahasa yang digunakan oleh masing-masing Muslim.

Pentingnya Membaca Doa Setelah Sholat

Membaca doa setelah sholat dinilai penting untuk diamalkan setiap kali umat muslim selesai menunaikan ibadah sholatnya. Pentingnya melakukan kegiatan ini antara lain adalah karena sebab berikut:

1. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Membaca doa setelah sholat adalah bagian dari Sunnah Rasulullah SAW. Dalam banyak hadis, Rasulullah SAW selalu membaca doa selepas menunaikan sholat dan menganjurkan umat Islam untuk mengikutinya.

Oleh karena itu, membaca doa ini adalah cara bagi umat Islam untuk mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

2. Menunjukkan Rasa Syukur

Alasan lain adalah karena membaca doa setelah sholat adalah cara untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita.

Dalam doa ini, umat Islam mengakui kebesaran Allah dan memohon agar Allah memberikan keberkahan dan rahmat-Nya.

3. Menambah Pahala

Membaca doa setelah sholat juga dapat menambah pahala bagi umat Islam. Dalam banyak hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa membaca doa ini akan menambah pahala bagi orang yang melakukannya.

4. Mengakhiri Sholat dengan Kebaikan

Aktivitas membaca doa setelah selesai melakukan ibadah sholat akan mengakhiri kegiatan ibadah dengan penuh kebaikan.

Dalam doa setelah sholat, umat Islam memohon kepada Allah agar segala amal ibadah yang dilakukan diterima oleh-Nya dan diberikan balasan yang baik.

Dengan mengakhiri sholat dengan kebaikan, umat Islam diharapkan dapat terus berbuat kebaikan dan menjauhi segala bentuk kejahatan.

Oleh karena alasan-alasan di atas, membaca doa ini sangat penting bagi umat Islam sebagai bagian dari ibadah dan pengikut Sunnah Rasulullah

Doa Setelah Sholat Fardhu (Arab, Latin, Arti)

Di bawah ini merupakan doa setelah sholat yang bisa diamalkan setiap setelah sholat fardhu 5 waktu:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillahirrahmaanirrahiim. alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidahu. ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’azhiimi sulthaanika.

 اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammad.

 اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ 

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal’aalamiin.

رَبَّنَا ضَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْ حَمْنَا لَنَكُوْ نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ يْنَ

Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wa-inlamtaghfir lana watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin.

رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِ يْنَ مِنْ قَبْلِنَا

Rabbanaa walaa tahmil’alainaa ishran kama hamaltahul’alal ladziina min qablinaa.

 رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَا قَتَا لَنَا بِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِيْنَ

Rabbanaa walaa tuhammilnaa maalaa thaaqata lanaa bihii wa’fu’annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin.

 رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْ بَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَ يْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُ نْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idzhadaitanaa w’ahablanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaab.

 رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ, اِنَّكَ عَلَى قُلِّ ثَيْءٍقَدِيْرِ

Rabbanaghfir lanaa waliwaalidinaa walijami’il muslimiin walmuslimaati wal mu’miniina walmu’minati. al ahyaa-i-minhum wal amwaati, innaka alaa kuli syai’n qadiir.

 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wafil aakhirati hasanatan waqinaa adzaaban-naar.

 اللهم اغفر لنا ذنوبناوكفرعنا سيئاتنا وتوفنا مَعَ الْأَ بْرَارِ

Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa wakaffir annaa sayyiaatinaa watawaffanaa maalabraari.

 سُبْحَانَ رَبِّكِ رَبِّ الْعِزَةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْ سَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Subhaana rabbika rabbil i’zzati ammaa yashifuuna wasalaamun ‘alal mursalhna wal-hamdu lillaahi rabbil’aalamiina.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yang sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya.

Ya Allah Tuhan kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran dzat-Mu dan keagungan kekuasaanMu. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya.

Ya Allah terima salat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyu kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama salat ya Allah. Tuhan seru sekalian alam.

Ya Allah, kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan jadi orang yang sesat.

Ya Allah tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. Ya Allah tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami.

Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Ya Allah tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agamaMu. Ya Allah tuhan kami, janganlah engkau sesatkan hati kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia.

Engkaulah yang maha Pemurah. Ya Allah ya tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa-dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang orang mukmin laki-laki dan perempuan.

Sesungguhnya Engkau dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya. Maha suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Keutamaan Doa Setelah Sholat

Selain mengetahui pentingnya membaca doa setelah sholat, kita juga perlu mengetahui bahwa doa tersebut memiliki banyak keutamaan. Di antara keutamaan membaca doa setiap selesai dholat adalah:

1. Menambah Pahala Sholat

Dalam Islam, setiap amalan yang dilakukan dengan niat dan tujuan yang benar akan diberi pahala oleh Allah SWT. Dalam hal ini, membaca doa setelah sholat akan menambah pahala sholat kita. Hal ini karena doa setelah sholat merupakan bagian dari dzikir dan ibadah kepada Allah SWT.

2. Memohon Ampunan dan Rahmat Allah

Doa setelah sholat juga menjadi sarana untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. Kita memohon agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan dan memberikan rahmat dan keberkahan kepada kita.

3. Menambah Keimanan dan Ketakwaan

Dengan membaca doa setelah sholat secara konsisten, kita dapat menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat membantu kita untuk selalu ingat dan merenungkan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT dan seberapa lemahnya manusia di hadapannya.

4. Menjaga Koneksi dengan Allah SWT

Membaca doa setelah selesai sholat juga membantu kita untuk menjaga koneksi dengan Allah SWT. Kita memohon dan berdoa kepada-Nya setiap kali selesai melaksanakan sholat, sehingga hubungan kita dengan Allah SWT semakin erat.

5. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Doa setelah sholat juga dapat membantu kita untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dalam doa tersebut, kita meminta perlindungan dari segala kejahatan dan bahaya yang dapat mengancam kita.

Dengan membaca doa sesudah sholat secara rutin, kita dapat merasakan manfaat dan keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT. Doa tersebut juga menjadi sarana untuk mengingatkan kita bahwa kehidupan ini sementara dan hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan atas segala hal.

Adab Membaca Doa Setelah Wudhu

Tentunya sebagai seorang muslim, kita diharapkan untuk melaksanakan setiap ibadah dengan benar dan sesuai dengan tuntunan syariat. Begitu pula dengan membaca doa setelah wudhu.

Di bawah ini adalah adab dalam membaca doa yang dipanjatkan setelah melaksanakan ibadah sholat:

1. Membaca Doa dengan Benar

Selain membaca doa dengan benar, sebaiknya doa juga dipanjatkan dengan tegas dan jelas. Dalam membaca doa setelah wudhu, kita harus memperhatikan cara mengucapkannya.

Sebaiknya kita membaca doa dengan benar dan jelas agar maknanya dapat tersampaikan dengan baik. Kita juga harus memperhatikan tajwid dalam mengucapkan doa agar suara kita tidak salah dan terdengar tidak baik.

2. Membaca Doa dengan Ikhlas dan Penuh Keyakinan

Sebagai seorang muslim, kita harus memahami bahwa doa hanya akan dikabulkan jika kita mengucapkannya dengan hati yang ikhlas dan penuh keyakinan kepada Allah SWT.

Sebelum membaca doa setelah wudhu, kita sebaiknya memperbanyak istighfar dan berdoa. Tujuannya agar hati kita menjadi bersih dan terbebas dari segala bentuk dosa dan kesalahan.

3. Membaca Doa dengan Santun dan Tenang

Saat membaca doa, kita sebaiknya melakukannya dengan santun dan tenang. Kita harus menghindari suara keras dan mengganggu orang lain yang sedang beribadah atau melakukan kegiatan lainnya.

Kita juga sebaiknya membaca doa setelah wudhu di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Ini akan membuat kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah.

4. Membaca Doa secara Berulang-ulang

Setelah selesai berwudhu, kita disarankan untuk membaca doa setidaknya satu kali. Namun jika memungkinkan, kita sebaiknya membaca doa tersebut beberapa kali.

Kita bisa membaca doa setelah wudhu sebanyak tiga kali, lima kali, atau bahkan lebih. Hal ini dilakukan agar kita dapat menguatkan hati dan semakin dekat dengan Allah SWT.

Membaca Doa dengan Memperhatikan Makna dan Artinya

Tujuannya adalah agar kita bisa memahami makna doa yang kita ucapkan dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Membaca doa setelah wudhu tidak hanya sekedar mengucapkan kalimat tanpa memahami artinya.

Kita sebaiknya memperhatikan makna dan artinya sehingga kita bisa mengerti dan memahami isi dari doa tersebut. Hal ini akan membantu kita dalam mengamalkan makna doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga dapat menambah rasa keikhlasan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Waktu yang Tepat Membaca Doa Setelah Sholat

Menurut ajaran Islam, membaca doa setelah sholat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Ada beberapa waktu yang tepat untuk membaca doa ini, antara lain:

1. Setelah Sholat Fardhu

Waktu pertama yang dianjurkan untuk membaca doa setelah melaksanakan sholat adalah setelah selesai sholat fardhu. Setelah menyelesaikan sholat fardhu, disarankan untuk membaca doa-doa tertentu seperti doa istighfar, doa tasbih, doa tahlil, dan sebagainya.

2. Setelah Sholat Sunnah

Selain sholat fardhu, setelah sholat sunnah pun dianjurkan untuk membaca doa-doa setelah sholat.

Setelah menunaikan sholat sunnah, disarankan juga untuk membaca doa-doa yang sesuai dengan jenis sholat yang dilakukan. Misalnya, setelah sholat sunnah Dhuha, disarankan untuk membaca doa sholat Dhuha.

3. Setelah Sholat Berjamaah

Jika kita menunaikan sholat dalam jamaah, disarankan untuk membaca doa bersama-sama setelah salam. Biasanya, imam akan memimpin doa dan jamaah akan mengikutinya.

4. Setelah Sholat Malam (Tahajud)

Ketika melaksanakan sholat tahajud, disarankan untuk membaca doa-doa tertentu setelah selesai melakukan sholat.

Pada dasarnya, waktu yang tepat untuk membaca doa setelah sholat adalah segera setelah salam. Namun, jika kita ingin membaca doa lebih lama, kita bisa melakukannya dengan tenang setelah selesai keluar dari masjid atau di tempat yang tenang.

Hal yang perlu diingat bahwa membaca doa setelah sholat bukanlah kewajiban, namun lebih kepada amalan sunnah yang dianjurkan dalam Islam.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Sholat dengan Tartil dan Tajwid yang Baik

Dalam membaca doa, baik itu doa yang dipanjatkan setelah selesai sholat maupun doa lain, ada baiknya dibaca dengan tartil dan tajwid yang benar. Adapun keutamaan umat muslim yang membaca doa menggunakan tartil dan tajwid yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Ketika kita membaca doa dengan tartil dan tajwid yang baik, kita bisa mengartikulasikan setiap kata dengan benar. Kita pun dapat memahami makna doa tersebut dengan lebih baik. Ini akan meningkatkan kualitas ibadah kita karena kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan dengan cara yang lebih baik.

2. Memperbaiki Pengucapan

Tartil dan tajwid yang baik membantu kita memperbaiki pengucapan dan membaca dengan jelas dan lancar. Membaca dengan cara ini juga akan membantu kita untuk memahami makna dari setiap kata yang kita baca.

3. Mendapat Pahala Lebih Besar

Membaca doa dengan tartil dan tajwid yang baik, insya Allah akan memberikan kita pahala yang lebih besar. Hal ini karena kita menghormati kebesaran Allah dengan membaca doa dengan cara yang baik.

4. Menenangkan Hati

Ketika kita membaca doa dengan tartil dan tajwid yang baik, kita akan merasa lebih tenang dan damai di hati. Ini karena kita mengambil waktu untuk memperhatikan setiap kata yang kita baca, dan itu membantu kita memusatkan perhatian kita pada Allah SWT.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Tartil dan tajwid yang baik membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi ketika membaca doa. Kita tidak akan terburu-buru dalam membaca doa dan dapat memperhatikan setiap kata dengan lebih baik.

Dalam rangka meningkatkan kualitas bacaan doa, maka sebaiknya kita belajar tajwid dengan benar dan mempraktikkan tartil ketika membaca doa. Dengan begitu, kita dapat mendapatkan manfaat yang lebih besar dari membaca doa dengan cara yang benar.

Amalan yang Membuat Doa Setelah Sholat Terkabul

Banyak umat muslim yang bertanya-tanya, bagaimana caranya agar doa-doa yang dipanjatkan sesudah selesai sholat bisa diterima dan akhirnya terkabul oleh Allah SWT.

Ada beberapa amalan yang dapat membuat doa terkabul, di antaranya:

1. Berserah diri kepada Allah SWT

Artinya adalah berserah diri kepada Allah SWT dan mengakui bahwa segala keputusan ada di tangan-Nya. Ini merupakan langkah pertama dalam membuat doa terkabul.

Ketika seseorang memahami bahwa Allah SWT memegang kendali atas kehidupannya, dia akan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi segala situasi. Orang tersebut pun akan mengharapkan keberhasilan dalam doanya.

2. Memperbaiki Hubungan dengan Allah SWT

Amalan berikutnya adalah memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Caranya melalui taubat dan beribadah secara konsisten dapat membuat doa terkabul. Ketika seseorang memperbaiki hubungannya dengan Allah SWT, maka dia akan merasa lebih dekat dengan-Nya dan doanya pun lebih mudah dikabulkan.

3. Membaca Doa-doa yang Dianjurkan

Berikutnya adalah membaca doa-doa yang dianjurkan dalam Al-Quran dan Hadist juga dapat membuat doa terkabul. Doa-doa tersebut sudah teruji keampuhannya dalam menghadapi berbagai masalah dan kesulitan dalam kehidupan.

4. Memberikan Sedekah dan Berbuat Kebajikan

Langkah selanjutnya yang juga tidak boleh terlupakan adalah memberikan sedekah dan berbuat kebajikan dapat membuat doa terkabul.

Ketika seseorang memberikan sedekah atau berbuat kebajikan, dia merasa bahwa dia telah memenuhi kewajibannya sebagai hamba Allah SWT dan memperoleh berkah dari-Nya.

5. Bersikap Sabar dan Tawakal

Terakhir adalah bersikap sabar dan tawakal dalam menghadapi cobaan dan kesulitan juga dapat membuat doa terkabul. Ketika seseorang bersikap sabar dan tawakal, dia menunjukkan bahwa dia menghargai keputusan Allah SWT dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuknya.

Namun, perlu diingat bahwa doa tidak selalu langsung terkabul sesuai dengan keinginan kita. Allah SWT Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana dalam menentukan waktu dan bentuk jawaban-Nya.

Jadi, ketika doa belum terkabul, jangan berputus asa dan tetaplah berdoa dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT.

Dampak Membaca Doa Setelah Sholat dengan Cepat

Rutin membaca doa setelah sholat akan mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk umat muslim yang mengamalkannya. Ada baiknya, doa tidak dipanjatkan dengan cepat dan tergesa-gesa.

Membaca doa setelah melaksanakan ibadah sholat dengan cepat dapat mengurangi makna dan kesadaran spiritual yang terkandung dalam doa tersebut. Doa-doa setelah sholat merupakan bentuk ibadah yang sangat penting dalam agama Islam.

Itu semua dilakukan untuk memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT.

Ketika membaca doa setelah sholat dengan cepat, seseorang mungkin hanya fokus pada mengucapkan kata-kata. Seseorang menjadi tidak memperhatikan arti dan makna yang terkandung dalam doa tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kesadaran spiritual dan keterhubungan dengan Allah SWT. Sangat penting untuk membaca doa setelah melaksanakan sholat dengan penuh kesadaran dan perenungan untuk memperoleh manfaat spiritual yang sebenarnya.

Rutinkan Membaca Doa Setelah Sholat

Rutinkan Membaca Doa Setelah Sholat

Dalam agama Islam, doa setelah ibadah sholat merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Doa tersebut dianggap sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, serta sebagai sarana untuk memperbaiki hubungan kita dengan-Nya.

Dengan memperbanyak doa setelah sholat, kita akan semakin merasa dekat dengan Allah SWT dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: