Cara Menggunakan Google Voice Note Online di HP & Laptop

Untuk yang memang memiliki banyak sekali pekerjaan untuk mengetik suatu hal sehingga seringkali tidak terburu waktunya kalau harus diketik, maka membutuhkan cara yang akan kami sampaikan disini. Cara yang akan bisa diketahuinya itu adalah cara menggunakan Google Voice Note.

Ya, sekarang ini memang Google telah memberikan alat terbaru yang tentunya akan bisa membantu pengguna melakukan pengerjaan suatu hal dengan mudah. Untuk itu, supaya bisa tahu tentang alatnya ini dengan lengkap, simak pembahasan hajijatim.id yang ada di bawah ini.

Daftar Isi

Informasi Seputar Google Voice Note Text

Informasi-Seputar-Google-Voice-Note-Text

Seperti apa yang sudah kami singgung di atas tadi, kalau memang dengan menggunakan alat ini, nantinya pengguna akan semakin mudah untuk melakukan pekerjaannya. Tetapi, sebelum masuk ke dalam langkah-langkah atau cara menggunakan Google Voice Note ini, simak tentang informasi selengkapnya disini.

Google merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan produk-produk internet. Seperti saja website-website, teknologi pencarian, periklanan dalam bentuk daring dan lain-lainnya. Nah, selain itu, sekarang ini juga ada hal baru yang bisa didapatkan di Google, yaitu Google Voice Note.

Google Voice Note ini sendiri merupakan sebuah alat yang akan bisa digunakan untuk membantu melakukan pengetikan dengan suara. Kalau biasanya mengetik harus menggunakan keyboard yang ada di dalam perangkat, namun kalau sudah menggunakan alat ini tidak perlu lagi untuk mengetik manual, karena hanya dengan berbicara saja sudah bisa dituliskan apa yang diinginkan.

Bisa dibilang alat ini menggunakan teknologi speech to text. Dengan begitu untuk yang memang memiliki kerjaan yang sangat-sangat banyak dan harus diselesaikan dalam waktu cepat, bisa terbantu dengan alat yang satu ini. Nantinya bisa langsung saja berbicara dan selesai.

Untuk menggunakan Google Voice Note ini pun, nantinya pengguna langsung lakukan download aplikasinya. Proses download aplikasinya bisa dilakukan di dalam berbagai platform, baik itu platform Google Play Store sampai App Store pun tersedia. Selain dari platform tersebut, Google Voice Note ini pun tersedia di ekstensi web browser Chrome.

Sangat memudahkan bukan untuk mendapatkan alat bantuannya ini. Nah, kalau sudah tidak sabar ingin menggunakannya pun bisa langsung simak cara menggunakan Google Voice Note yang akan disampaikan di bawah ini. Nantinya akan kami sampaikan informasinya dengan sangat jelas dan juga rinci supaya bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Cara Menggunakan Google Voice Note Di Laptop Dan HP Dengan Mudah

Cara-Menggunakan-Google-Voice-Note-Di-Laptop-Dan-HP-Dengan-Mudah

Untuk yang ingin menggunakan Google Voice Note ini kan memang harus download dahulu aplikasinya. Nah, kalau sudah selesai mendownloadnya nanti bisa langsung saja gunakan alatnya ini. Memang untuk penggunaan alat satu ini masih banyak yang bingung dan tidak tahu.

Padahal, untuk menggunakan alat satu ini kalau sudah tahu sangatlah mudah dan juga praktis. Tetapi wajar saja kalau memang masih bingung, karena kan memang semua hal baru yang digunakan pun harus dilakukan adaptasi terlebih dahulu. Jadi, bisa simak penjelasan disini.

Kalau bisa dibilang, penggunaan dari Google Voice Note ini pun sama saja seperti penggunaan alat atau fitur voice note di alat apapun. Jadi, nantinya harus tekan dahulu microphone yang disediakan, lalu bisa langsung bicara tentang kata-kata atau kalimat yang ingin dituliskan.

Supaya lebih jelas lagi, maka kami akan sampaikan langkah-langkah penggunaannya dengan rinci dan juga berurutan. Jadi, pembaca hajijatim.id bisa langsung pahami dan ikuti cara menggunakan Google Voice Note dengan baik dan benar sebagai berikut.

  1. Download aplikasi Google Voice Note melalui App Store dan Google Play Store. Tunggu sampai proses pemasangan dan juga pengunduhan selesai.
  2. Kalau sudah, bukalah aplikasi Google Voice Note di dalam perangkat.
  3. Untuk memulai perekaman suaranya, bisa langsung tekan saja icon microphone yang ada di bagian bawah layar.
  4. Lakukan perekaman dengan baik supaya nanti hasil teks yang diberikan pun maksimal.
  5. Jika memang sudah selesai berbicara atau tidak ada lagi kalimat yang ingin ditulis, langsung klik kembali icon microphone yang tadi supaya proses perekaman berhenti.
  6. Kalau proses perekamannya sudah berhenti, secara otomatis hasil teks yang tadi langsung muncul di halaman tersebut.
  7. Jangan lupa mengecek apakah sudah benar atau masih ada yang salah.
  8. Selesai.

Tips Dalam Menggunakan Google Voice Note Online Yang Baik Dan Benar

Tips-Dalam-Menggunakan-Google-Voice-Note-Online-Yang-Baik-Dan-Benar

Sudah tahu dan juga paham dengan cara melakukan penggunaan Google Voice Note ini, maka sekarang harus simak beberapa tips yang bisa dilakukan dalam penggunaan Google Voice Note. Pasalnya memang untuk menggunakan Google Voice ini bukan hanya tahu saja caranya, tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Google Voice Note ini tentunya akan membantu penggunaan Google Voice menjadi lebih maksimal lagi. Jadi, nantinya tidak akan ada lagi hasil teks yang tidak tepat atau malah tidak bisa berfungsi Google Voice Note ini.

Mungkin untuk orang-orang yang sudah pernah menggunakan Google Voice Note ini pastinya pernah merasakan hal yang seperti itu. Bahkan akan membuat pekerjaan semakin banyak karena harus membenarkannya satu persatu. Oleh sebab itu, supaya semua hal tersebut tidak terjadi lagi, langsung simak beberapa tips dalam penggunaan Google Voice yang baik dan juga benar.

Pastikan Mikrofon Di Perangkat Sudah Aktif

Hal pertama yang benar-benar harus diperhatikan untuk keberhasilan penggunaan Google Voice ini adalah mikrofon yang ada di dalam perangkat. Jadi, nanti sebelum menggunakan alat satu ini, pastikan dahulu kalau memang mikrofon perangkat sudah aktif dan bisa digunakan.

Pasalnya memang hal utama dari penggunaan alat ini adalah mikrofon tersebut. Kalau mikrofon yang ada tersebut tidak baik, maka nantinya proses penggunaannya pun menjadi kurang baik. Atau bahkan kalau tidak di cek dahulu, malah tidak berhasil dalam penggunaannya.

Selain itu pun akan memberikan kerugian untuk penggunanya sendiri. Dimana sudah merugi dari segi waktu, suara dan lain-lainnya. Maka dari itu, sangat amat penting untuk mengecek mikrofon yang ada di dalam perangkatnya terlebih dahulu.

Kalau sudah aktif dan pengaturannya benar tentunya suara yang terekam pun akan bisa terdengar dengan baik di dalam alat yang satu ini. Untuk pembaca yang belum tahu tentang pengaturan mikrofon di perangkat, bisa cek sekarang juga di perangkat masing-masing.

Gunakan Kecepatan Bicara Yang Sesuai

Kalau ingin menggunakan alat yang satu ini pun, bukan hanya dipersiapkan dari alat yang ingin digunakannya saja. Tetapi juga nantinya harus dipersiapkan dari diri masing-masing. Ya, salah satu hal yang memang harus dipersiapkan untuk menggunakan Google Voice Note ini adalah kecepatan dalam berbicara.

Memang setiap orang akan memiliki kecepatan berbicara yang berbeda-beda. Tetapi, kalau ingin menggunakan alat yang satu ini, nantinya bisa persiapkan dan gunakan kecepatan suara yang sesuai. Sesuai ini yang ada di dalam alat satu ini diartikan sebagai kecepatan yang tidak terlalu cepat dan juga terlalu lambat.

Pasalnya kalau menggunakan kecepatan berbicara yang sangat cepat, nantinya alat ini tidak akan bisa digunakan dengan cara stabil. Akan ada kata-kata yang ketinggalan atau bisa saja kata-kata yang diambil hanya beberapa dan akhirnya menjadi kalimat yang acak dan tidak sesuai.

Nah, begitu pun dengan menggunakan kecepatan bicara yang terlalu lambat. Nantinya akan bisa menghambat alat ini untuk bekerja dan tidak maksimal jadinya. Oleh sebab itu, gunakanlah kecepatan berbicara yang sedang saja. Tidak terlalu cepat dan juga tidak lambat agar alat bisa menerima kata per katanya dengan baik dan hasilnya pun bisa lebih maksimal lagi.

Artikulasi Yang Digunakan Harus Jelas

Selain dari kecepatan berbicara, nantinya di dalam alat ini pun dibutuhkan artikulasi yang jelas. Pasalnya kalau menggunakan artikulasi yang kurang jelas, nantinya akan bisa menyebabkan alatnya susah menangkap maksud dari kalimat atau kata yang disebutkan oleh pengguna.

Jadi, benar-benar harus menggunakan artikulasi yang jelas dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan gunakan bahasa yang berbeda atau bahasa yang tidak diketahui oleh orang-orang banyak dalam penggunaan alat satu ini.

Menggunakan Aplikasi Harus Di Tempat Yang Tenang

Nah, untuk hal yang bisa mempengaruhi penggunaan aplikasi yang maksimal selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasinya di tempat yang tenang. Tempat yang tenang ini tentunya harus terbebas dari bunyi atau suara yang bising. Seperti saja di tempat umum, mall, atau lainnya.

Pasalnya memang suara yang bising ini akan bisa mengganggu penggunaan dari alat satu ini. Google Voice Note akan terganggu karena nantinya proses penangkapan suara yang dilakukan tidak bisa sesuai atau maksimal. Sebenarnya bukan hanya suara bising saja, tetapi harus hindari dari suara-suara gangguan.

Kalau penangkapan suara yang dilakukannya ini tidak maksimal, maka hasilnya tentu tidak akan sesuai dengan apa yang diucapkan dan kita maksud. Bisa saja ada kata yang ditambahkan dan bisa juga ada kata yang hilang dari kalimat yang diucapkan oleh pengguna sendiri.

Jangan Lupa Untuk Periksa Teks Dari Hasil Rekaman

Nah, kalau sudah melakukan perekamannya ini maka hal yang selanjutnya dilakukan adalah memeriksa teks yang ada dari hasil rekamannya tersebut. Sudah kami sampaikan di atas tadi, kalau sudah selesai proses perekaman suaranya, maka secara otomatis nantinya akan ada teks yang muncul di dalamnya.

Sebelum menyelesaikan semua hal yang sudah diketik tadi, bisa periksa dahulu agar bisa tahu apakah ada yang salah atau memang benar-benar aman. Pasalnya kan di dalam alat ini disediakan fitur perbaikan kata. Jadi, bisa lihat dahulu kata yang digunakan sudah tepat atau belum dan sesuai dengan maksudnya atau tidak.

Kalau memang sudah tepat dan benar, bisa langsung simpan teks yang tadi. Itulah beberapa tips untuk menggunakan Google Voice Note ini. Kalau ingin mencoba menggunakannya pun bisa langsung simak cara-cara yang sudah disampaikan di bagian atas.

Dapatkan Artikel Cara-Cara Serupa Lainnya :