Cara Buat Tanda Tangan Digital di Word, PDF & Online Mudah

Jika pembaca hajijatim.id sedang membutuhkan informasi mengenai cara buat tanda tangan digital yang mudah dan juga simple, maka bisa langsung simak pembahasannya disini. Pasalnya disini akan kami sampaikan beberapa cara yang akan bisa dilakukannya.

Jadi, nantinya akan ada cara membuat tanda tangan melalui bantuan aplikasi dan juga tanpa aplikasi. Sudah semakin penasaran bukan dengan cara-caranya tersebut. Maka dari itu, langsung simak dan ketahui informasinya di bawah ini.

Daftar Isi

Cara Buat Tanda Tangan Digital Di Word Dan PDF Secara Cepat

Cara-Buat-Tanda-Tangan-Digital-Di-Word-Dan-PDF-Secara-Cepat

Memang sekarang ini di zaman yang sudah serba canggih, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya semakin banyak alat-alat yang muncul dan bisa dimanfaatkan untuk memudahkan segala sesuatunya. Ya, salah satunya ini bisa mempermudah untuk membuat tanda tangan digital.

Memang untuk membuat tanda tangan digital ini akan ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, bisa menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi pun bisa dilakukan. Nah, kalau di bagian yang kali ini, nantinya pembaca akan bisa melakukan pembuatan tanda tangan dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data.

Aplikasi pengolah data yang akan bisa digunakan ini adalah Word dan juga PDF. Mungkin untuk beberapa orang, mendengar nama kedua aplikasi ini sudah sangat familiar dan tidak asing. Karena memang alat ini merupakan alat yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen.

Jadi, untuk yang ingin melakukan pembuatan tanda tangan digital dan belum tahu caranya, simak disini. Pada bagian kali ini akan kami sampaikan cara buat tanda tangan digital di Word dan juga PDF secara mudah dan juga cepat.

Membuat Tanda Tangan Digital Di Word Menggunakan Foto

Membuat-Tanda-Tangan-Digital-Di-Word-Menggunakan-Foto

Microsoft Word ini memang salah satu alat yang menyimpan banyak sekali alat-alat canggih di dalamnya. Dimana nantinya pengguna akan bisa menggunakan semua alat canggih tersebut untuk membantu pekerjaan yang ada. Contohnya ini membuat tanda tangan digital.

Tentunya hal tersebut akan bisa dilakukan dan digunakan dengan sederhana di dalam Microsoft Word ini. Tetapi, memang masih jarang sekali orang yang mengetahuinya. Nah, cara yang pertama ini akan kami sampaikan bagaimana langkah membuat tanda tangan digital yang menggunakan foto.

Dengan menggunakan foto, nantinya tidak akan susah dan juga ribet untuk melakukan pembuatannya ini. Maka dari itu, untuk yang ingin membuatnya, langsung simak saja beberapa cara yang ada di bawah ini.

  1. Buatlah dahulu tanda tangan di kertas biasa, kemudian foto tanda tangan yang sudah dibuat tadi.
  2. Kemudian, bisa lakukan penyimpanan tanda tangan tadi di perangkat PC yang ingin digunakan.
  3. Bukalah Microsoft Word yang ada di dalam perangkat.
  4. Selanjutnya, bisa klik Insert yang ada di halaman utama aplikasi.
  5. Pilih Foto yang memang ingin dimasukkan ke dalam lembar kerja tadi.
  6. Jika sudah menemukan foto tanda tangannya, langsung klik foto tersebut.
  7. Pilih menu Color dan klik yang Black and White.
  8. Setelah itu, klik kanan di fotonya dan akan muncul wrap text.
  9. Pilihlah yang Behind Text.
  10. Selesai, bisa langsung lakukan pengaturan tanda tangannya sesuai dengan keinginan.

Cara Buat Tanda Tangan Di Word Melalui SignWell

Cara-Buat-Tanda-Tangan-Di-Word-Melalui-SignWell

Cara kedua yang akan bisa dilakukan untuk membuat tanda tangan di Word adalah melalui SignWell. Mungkin masih bingung SignWell ini alat apa, maka simak dahulu penjelasan singkatnya ini.

Jadi, SignWell ini merupakan salah satu alat yang ada di dalam browser yang bentuknya adalah situs. Situs ini nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan pembuatan tanda tangan secara digital. Cara untuk membuat tanda tangan digital melalui SignWell ini memang bisa dibilang praktis.

Maka dari itu, bisa memudahkan semua pekerjaan dan juga membuat semua halnya menjadi lebih cepat lagi. Untuk yang ingin langsung membuat tanda tangan digital dengan SignWell, simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Bukalah situs SignWell atau melalui situs www.signwell.com.
  2. Di dalam situsnya ini, nanti bisa langsung mengklik Sign Up untuk membuat akun dan klik Login jika sudah memiliki akun.
  3. Setelah masuk ke dalam halaman utama dari situsnya ini, maka bisa menekan Signature.
  4. Lakukan pembuatan tanda tangan di dalamnya. Jika ingin mengulangnya bisa klik Delete.
  5. Untuk melakukan pengubahan ukuran, bisa klik kotak hijau.
  6. Jika sudah pas dan benar, maka klik Save As.
  7. Tanda tangan akan tersimpan.
  8. Selesai.

Cara Buat Tanda Tangan Digital Di PDF

Cara-Buat-Tanda-Tangan-Digital-Di-PDF

Untuk cara yang terakhir pada bagian kali ini, pembaca pun bisa membuat tanda tangan digital melalui PDF. PDF ini memang salah satu format file yang banyak digunakan oleh orang-orang. Nah, kalau memiliki file PDF dan butuh membuat tanda tangan digital, maka bisa dilakukan pembuatannya dengan mudah.

Dimana nantinya pengguna akan bisa langsung membuat tanda tangan digitalnya dengan menggunakan aplikasi Adobe PDF X. Untuk melakukan penggunaan aplikasinya pun gratis. Kalau begitu, langsung masuk saja ke langkah-langkah pembuatan tanda tangannya di bawah ini.

  1. Bukalah aplikasi PDF Reader yang ada di perangkat.
  2. Jika sudah di dalamnya, langsung mengklik icon file.
  3. Lalu, mengklik Open.
  4. Jika sudah, nantinya pilihlah PDF yang ingin ditandatangani.
  5. Untuk menambahkan tanda tangan, klik menu.
  6. Di dalamnya klik Annotate.
  7. Klik kembali Signature.
  8. Di menu signature tersebut, pilihlah Write atau Picture. Untuk menambahkan secara manual bisa klik yang write dan kalau ingin menambahkan gambar pilihlah picture.
  9. Kalau sudah selesai, klik OK.
  10. Bisa lakukan atur kembali ukuran tanda tangan yang diinginkan.
  11. Sudah, bisa langsung klik Save As.
  12. Selesai.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online Dengan Mudah

Cara-Membuat-Tanda-Tangan-Digital-Online-Dengan-Mudah

Selain melalui Word atau PDF, nantinya pengguna akan bisa langsung membuat tanda tangan digital secara online. Untuk membuat tanda tangan digital secara online ini, tentunya pengguna akan bisa menggunakan berbagai macam alat-alat atau sebuah situs.

Ya, alat-alat yang akan bisa digunakan ini merupakan alat yang memang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tanda tangan tanpa berbayar. Jadi, tidak perlu merasa bingung atau ragu lagi untuk menggunakan situs atau website yang satu ini. Memang alat yang bisa digunakan ini sudah banyak.

Tetapi, disini kami hanya akan sampaikan setidaknya tiga situs yang nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan pembuatan tanda tangan secara digital. Untuk itu, bisa langsung simak beberapa alat yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital secara online ini.

Cara Buat Tanda Tangan Digital Melalui Situs Docsketch

Untuk cara buat tanda tangan digital pertama di bagian kali ini adalah melalui situs Docsketch. Dengan menggunakan situs yang satu ini, tentunya segala halnya akn bisa dilakukan dengan mudah. Pembuatan tanda tangan digital pun, tidak akan terasa sulit kalau menggunakan situs ini.

Memang, sebelum mencoba menggunakan situs Docsketch ini nantinya akan banyak orang merasa penggunaannya ini ribet. Apalagi kalau sudah menyangkut pembuatan tanda tangan digital. Nah, maka dari itu, bisa langsung saja simak beberapa langkah untuk menggunakan situsnya ini.

Nanti di dalam situsnya ini pun akan diberikan tampilan yang sederhana. Sehingga pengguna akan bisa langsung menggunakan dan akses situsnya tanpa kesusahan. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukannya.

  1. Akses situs docsketch di dalam alat pencarian yang digunakan di perangkat.
  2. Setelah itu, nantinya akan langsung masuk ke dalam situsnya.
  3. Pada halaman utama situsnya ini, nanti bisa langsung mengklik Draw Signature.
  4. Buatlah tanda tangan digital yang kamu miliki disini. Gambar dengan baik dan sesuai, kalau memang ingin menghapus bisa klik menu Clear.
  5. Selain itu, bisa juga mengganti warna tanda tangan digital yang sedang dibuat tersebut dengan cara klik Color.
  6. Setelah itu, pilihlah tombol Transparent Background.
  7. Kalau sudah selesai, nantinya bisa langsung mengklik tombol Download di dalamnya.
  8. Selesai, nanti tanda tangan digital akan bisa langsung tersimpan di dalam perangkat handphone.

Buat Tanda Tangan Digital Free Lewat Create My Signature

Untuk pembaca hajijatim.id yang memang masih ragu untuk menggunakan alat-alat dan juga situs untuk membuat tanda tangan digital ini karena masih baru pertama kali, maka jangan sampai tinggalkan ini. Ya, situs yang bisa digunakan untuk orang pemula adalah Create My Signature.

Dengan menggunakan situs yang satu ini, nantinya semua hal akan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pengguna tentunya akan bisa langsung buat tanda tangan sesuai dengan keinginannya. Selain itu, situs Create My Signature ini pun tidak berbayar sama sekali. Jadi, tentunya sangat aman untuk digunakan.

Maka dari itu, kalau ingin menggunakan situs satu ini, bisa langsung saja simak langkah-langkah yang ada di bawah ini. Kami akan sampaikan langkah yang detail dan juga cepat.

  1. Membuka situs Create My Signature di browser yang digunakan dalam perangkat.
  2. Kemudian, di halaman situs tersebut bisa langsung klik Draw Signature yang letaknya di bagian sebelah kiri.
  3. Langsung buatlah tanda tangan yang kamu miliki dalam situsnya ini.
  4. Kalau sudah selesai dan benar tanda tangan yang dibuat langsung klik Save.
  5. Lalu memilih Download.
  6. Selesai, hasil tanda tangan akan disimpan dengan bentuk file PNG.

Tutorial Membuat Tanda Tangan Digital Barcode Melalui PrivyID

Untuk yang ingin membuat tanda tangan digital barcode, maka bisa juga menggunakan bantuan aplikasi yang satu ini. Ya, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi bernama PrivyID. Dimana aplikasi ini akan memberikan ke pengguna kemampuan untuk melakukan pembuatan tanda tangan dengan kode QR.

Hal ini juga bisa membantu pengguna yang ingin mengetahui keaslian dari tanda tangan di sebuah dokumen. Bukankah sangat keren untuk aplikasinya tersebut, Maka dari itu, kalau memang ingin mencoba untuk buat tanda tangannya, langsung simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Download dahulu aplikasi PrivyID.
  2. Setelah itu, lakukan registrasi akun di dalam aplikasinya dengan melalui icon profil di dalamnya.
  3. Jika sudah selesai membuat akunnya, klik di menu Signature.
  4. Kemudian, pilih Add Signature.
  5. Buatlah tanda tangan digital di kolom yang sudah disediakan.
  6. Selesai, tanda tangan bisa langsung tersimpan di aplikasinya.

Bacalah Artikel Tutorial Yang Lainnya :