5 Cara Mengecek Garansi Oppo via HP, Online, Pakai IMEI (Work)

Jika kamu merupakan salah satu pengguna smartphone dari brand Oppo, tentunya perlu mengetahui cara mengecek garansi Oppo. Apalagi jika kamu hendak servis perangkat di pusat service Oppo. Pasalnya, setiap brand smartphone memiliki batas maksimal pada pengajuan klaim garansi perangkat.

Informasi tentang cara pengecekan garansi ini menjadi sangat penting karena kamu membutuhkan prosedur yang tepat agar proses pengecekan berjalan dengan benar. Untuk lebih jelasnya, akan langsung dibahas pada ulasan berikut ini.

Inilah Syarat dan Ketentuan dalam Mengecek Garansi Oppo

Inilah-Syarat-dan-Ketentuan-dalam-Mengecek-Garansi-Oppo

Pada dasarnya garansi yang diberikan pihak penjual, dalam hal ini produsen ponsel Oppo bertujuan untuk meyakinkan pengguna bahwa produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik dan tidak ada kecacatan manufaktur di dalamnya.

Garansi ini sangat penting artinya bagi pengguna karena menjadi salah satu bentuk perlindungan bagi pengguna ketika ternyata produk ponsel yang dibeli cacat atau mengalami kerusakan manufaktur. Dengan adanya garansi maka sebagai pengguna, kamu bisa meminta pertanggungjawaban produsen.

Selain itu garansi difungsikan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan yang telah memproduksi perangkat tersebut. Sehingga kedepannya bisa menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan tidak mudah rusak. Garansi juga menjadi pengikat antara pihak produsen atau penjual dengan pembeli.

Jenis garansi sendiri bisa dibedakan menjadi dua, yaitu garansi resmi serta garansi toko. Garansi resmi yang disediakan produsen biasanya cukup panjang, yaitu sampai jangka waktu 1 tahun. Sementara garansi toko diberikan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Sebelum membahas tentang cara mengecek garansi Oppo, ada baiknya kamu ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku terkait dengan pemberian garansi tersebut. Berikut ini penjelasannya:

Ketentuan Produk dan Masa Garansi Oppo

Sebelum mengecek garansi ponsel Oppo, sebaiknya kamu mengenal apa saja jenis item produk yang dicover oleh produsen ketika mengalami kerusakan. Seperti pada daftar berikut ini:

Item GaransiJenis GaransiJangka Waktu Klaim
Car VOOCGratis service dan komponen12 bulan
Perangkat dan BateraiGratis service dan komponen12 bulan
Bluetooth EarphoneGratis service dan komponen12 bulan
BateraiGratis service dan komponen6 bulan
Adaptor Charger dan HeadsetGratis service dan komponen6 bulan

Syarat Pengecekan Garansi Oppo

Setelah mengetahui apa saja item produk yang dicover dalam garansi tersebut, maka selanjutnya ketahui pula syarat pengecekan garansi Oppo seperti di bawah ini:

  1. Kamu perlu membawa kelengkapan unit berupa dus book, kartu garansi, serta buku pedoman.
  2. Menyertakan bukti pembelian berupa faktur lengkap dan kwitansi dengan stempel resmi dari seller.
  3. Pastikan nomor IMEI berbentuk stiker yang ada di kartu garansi dalam kondisi yang baik.
  4. Melakukan pencadangan data yang tersimpan di perangkat atau bisa juga menghapus semua data.

Kondisi yang Membuat Garansi Tidak Berlaku

Meskipun jangka waktu klaim yang diberikan cukup panjang, yaitu dari 6 bulan sampai 1 tahun, namun harus dipahami bahwa tidak semua kerusakan pada perangkat bisa diajukan klaim. Karena ada beberapa kondisi yang membuat garansi tidak berlaku, diantaranya adalah:

  1. Kondisi kerusakan pada perangkat disebabkan kesalahan pengguna bukan berasal dari manufaktur seperti masuk ke air, terhimpit beban berat atau terjatuh.
  2. Jangka waktu klaim garansi sudah melewati batas waktu yang ditetapkan.
  3. Tidak adanya bukti pembelian serta kartu garansi yang dimiliki untuk mengajukan klaim.
  4. Kerusakan karena faktor tertentu seperti kebakaran, kecelakaan, gempa bumi atau banjir.
  5. Penggunaan tidak sesuai petunjuk pemakaian sehingga menyebabkan kerusakan.
  6. Perangkat ponsel sudah pernah dibongkar atau di service pihak lain yang tidak resmi.
  7. Sudah mengalami modifikasi seperti custom ROM dan rooting.

Petunjuk dan Cara Mengecek Garansi Oppo dengan Benar

Petunjuk-dan-Cara-Mengecek-Garansi-Oppo-dengan-Benar

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek garansi Oppo. Kamu bisa mencoba salah satu metode pengecekan di bawah ini:

1. Menggunakan Kartu Garansi

Cara cek garansi Oppo yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengecek kartu garansi yang ada dalam dus book HP Oppo. Kamu bisa melihat kartu garansi tersebut untuk melakukan pengecekan, karena didalamnya ada informasi detail perangkat HP Oppo yang dibeli.

Biasanya jangka waktu klaim yang diberikan adalah 12 bulan. Oleh karena itu kamu tinggal menghitung tanggal pembeliannya sampai saat melakukan pengecekan. Jika kamu membeli tanggal 20-01-2023 dan saat ini sudah bulan Agustus, maka sisa garansi tinggal 5 bulan lagi.

2. Cara Mengecek Garansi Oppo dengan Nomor IMEI

Cara lainnya bisa dengan nomor IMEI. Jadi fungsi nomor IMEI bukan hanya berguna untuk mengecek keaslian perangkat saja tetapi juga bisa untuk mengetahui masa garansi yang berlaku. Berikut adalah cara cek garansi Oppo lewat IMEI:

  • Buka menu panggilan di perangkat Oppo dan tekan kode dial *#06# untuk mengecek IMEI.
  • Setelah panggilan akan langsung muncul nomor IMEI perangkat Oppo.
  • Selanjutnya kunjungi situs imei.info dan masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.
  • Secara otomatis informasi garansi akan langsung ditampilkan.

3. Melalui Situs Resmi Oppo

Cara mengecek garansi Oppo juga bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Oppo. Cara ini tidak berbeda jauh dengan cara pengecekan sebelumnya. Namun agar lebih jelas, kamu bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama akses browser di HP atau laptop dan kunjungi situs web: https://oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status.
  • Kamu akan langsung diarahkan ke situs resmi Oppo untuk pengecekan garansi HP.
  • Silakan scroll ke bagian bawah dan input nomor IMEI HP Oppo pada kolom yang tersedia.
  • Jangan lupa masukkan kode unik di bagian sampingnya.
  • Terakhir, klik pada opsi Cek Sekarang, nantinya semua informasi perangkat HP akan muncul di layar, termasuk garansi produk.

4. Menggunakan Aplikasi My Oppo

Cara mengecek garansi Oppo berikutnya bisa dengan memanfaatkan aplikasi My Oppo. Namun untuk melakukan cara ini kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dulu melalui Play Store dan setelah terinstal di perangkat HP bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi dan pilih pada menu Dukungan kemudian lanjutkan dengan memilih opsi Layanan Mandiri.
  • Selanjutnya klik pada Status Garansi, secara otomatis nomor IMEI perangkat Oppo akan langsung ditampilkan.
  • Isi pada kode captcha dan klik opsi Periksa Sekarang.
  • Selesai, informasi tentang garansi perangkat akan langsung ditampilkan.

5. Datang ke Pusat Service Oppo

Selain melakukan cara cek garansi Oppo online, opsi terakhir yang bisa dilakukan untuk adalah dengan mendatangi pusat service Oppo yang ada di dekat rumahmu. Untuk memastikan dimana lokasinya, kamu bisa mengecek alamat pusat service Oppo melalui situs resminya.

Kamu hanya perlu membuka browser di perangkat HP atau laptop dan mengunjungi situs resminya di https://support.oppo.com/id/service-center/. Setelah mengetahui lokasi pusat service Oppo yang terdekat kamu bisa langsung datang ke alamat tersebut.

Bagaimana, sekarang sudah mengerti kan cara mengecek garansi Oppo? Kamu bisa mencoba salah satu cara diatas untuk memastikan masa garansi perangkat. Namun untuk mengajukan klaim, pastikan kerusakan item atau perangkat berasal dari pabrikannya dan bukan karena kesalahan pengguna.

Baca Juga: