Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar, Teman, Anak Laki & Perempuan

Apakah ada temanmu yang sedang ulang tahun, dan kamu ingin mengirimkan hadiah atau sekedar ucapan selamat ulang tahun? Well, ada banyak contoh ucapan ulang tahun islami yang bisa kamu jadikan inspirasi, barangkali kamu bingung.

Mengucapkan selamat ulang tahun jamak dilakukan manusia modern, entah kepada keluarga, teman atau kolega. Ucapan selamat ulang tahun biasanya  berisi doa-doa, agar yang ulang tahun mendapatkan keberkahan dalam kehidupannya.

Bagi yang tidak biasa, mengucapkan selamat ulang tahun menjadi hal yang sulit. Beruntungnya, di bawah ini telah kami rangkum berbagai ucapan selamat ulang tahun yang berbeda-beda, bisa kamu contoh, jadi tidak perlu merangkai kata sendiri-sendiri.

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Hukum-Mengucapkan-Selamat-Ulang-Tahun-dalam-Islam

Mengucapkan selamat ulang tahun adalah hal lazim di masyarakat, tidak terkecuali bagi masyarakat muslim. Namun, bagaimanakah sebenarnya hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam? Apakah dibolehkah atau justru diharamkan?

Berdasarkan buku dengan judul Batalkah Melihat Sarung Imam yang Bolong? yang ditulis oleh M Syukron Maksum, dijelaskan bahwa merayakan dan mengucapkan selamat ulang tahun dalam islam tidak ada nash-nya. Artinya adalah, bahwa tidak ada anjuran atau larangan di dalamnya.

Tidak pernah ada yang meriwayatkan bahwa setiap tanggal lahirnya, Rasullulllah SAW merayakan ulang tahun. Hal yang sama dilakukan oleh sahabat-sahabatnya sampai zaman tabi’in, salafus salih dan para ulama.

Masalahnya, di zaman ini, hal-hal  seperti ini dengan sangat mudah dihukumi haram, karena tidak pernah dilakukan oleh nabi dan sahabat-sahabatnya. Padahal, jika didasarkan pada kaidah fikih, bahwa asal segala sesuatu itu boleh, maka begitu juga dengan merayakan dan mengucapkan selamat ulang tahun.

Apalagi, jika momen tersebut justru dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, tentu sangat dianjurkan. Misalnya saja dengan muhasabah diri dan umur, apakah sudah dimanfaatkan dengan baik atau belum. Kalau memang belum, harus bertekad untuk menjadi lebih baik lagi di tahu depan.

Hukum merayakan dan mengucapkan ulang tahun mungkin menjadi tidak boleh atau bahkan haram, jika digunakan untuk berbuat maksiat. Misalnya  saja, merayakan ulang tahun sambil pesat minuman keras, menyewa PSK dan hal-hal tidak etis lainnya.

Kesimpulannya adalah, hukum merayakan dan mengucapkan ulang tahun adalah mubah alias boleh. Menjadi tidak boleh atau bahkan haram jika momen tersebut dijadikan ajang untuk bermaksiat seperti yang disebutkan di atas.

Bolehkah Mengucapkan Selamat Ulang Tahun?

Bolehkah-Mengucapkan-Selamat-Ulang-Tahun

Tentu saja, memberikan ucapan ulang tahun islami boleh-boleh saja, tidak pernah ada riwayat yang melarangnya. Di sini, berkesempatan untuk hidup selama setahun lagi adalah nikmat yang luar biasa, yang harus disyukuri.

Zaman dulu, ketika ada sahabat nabi yang mendapatkan nikmat dari Allah, sahabat yang lain akan mengucapkan selamat. Biasanya dibubuhi dengan kata-kata barakallohu fi ‘umrik, yang artinya semoga Allah memberkahi umurmu.

Sebagai muslim, tentu harus memasukkan doa-doa yang identik dengan Islam ketika memberikan ucapan ulang tahun kepada teman-temannya. Selain doa agar umur yang telah dilalui dan akan dijalani mendapatkan berkah dari Allah, kamu pun bisa menambahkan doa-doa positif lainnya.

Jadi tidak cukup dengan mengucapkan selamat ulang tahun atau happy birthday saja, namun tambahkanlah doa-doa yang baik ke dalamnya. Siapa tahu, doa-doa, apalagi jika dilantunkan oleh orang banyak, akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Intinya, kalau ingin memberikan ucapan ulang tahun islami, jangan terlalu singkat, karena akan terasa tidak tulus, dangkal dan basi. Apakah kamu tega melakukan ini kepada teman atau sahabat sendiri? Karena itu, berikan ucapan ulang tahun terbaik, yang penuh dengan doa-doa terbaik.

Arti Barakallahu fii Umrik

Kalau kamu perhatikan, biasanya ada kata-kata Barakallahu fii Umrik, saat seorang muslim mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga dan temannya. Sebenarnya, apa sih arti dari barokallahu fi umrik ini? Yang jelas, ini adalah kalimat yang berasal dari Bahasa Arab.

Baroka bisa diartikan memberkahi atau memberikan berkat, Allah berarti Allah, fii bisa diartikan di dalam, dan umrik bisa diartikan umurmu. Kalau digabungkan, akan menjadi semoga Allah memberkahi umurmu, yang merupakan doa terbaik.

Ucapan Barakallahu fii Umrik juga bisa diartikan :

Lalu, bagaimana ucapan balasan yang harus diberikan oleh yang sedang berulang tahun? Jika kamu berulang tahun dan mendapatkan ucapatan Barakallahu fii Umrik, maka balas dengan wa fiika barakallah, yang artinya semoga Allah juga memberkahimu.

Pastinya, dengan doa yang bernuansa Islam seperti ini, hari ulang tahun pun akan berkah, dan semoga mendapatkan rida dari Allah SWT. Apalagi, jika ditambahkan doa-doa baik lainnya, keberkahan yang akan didapatkan pun semakin banyak.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Terbaru 2023

Kalau kamu bingung ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun, tidak perlu khawatir, karena  kami sudah mengumpulkan contoh-contohnya di bawah ini. Di bawah ini adalah kumpulan ucapan ulang tahun islami yang sering digunakan oleh orang-orang.

Kata-kata di bawah ini bisa kamu ucapkan secara langsung kepada  yang sedang berulang tahun, atau bisa lewat telepon, pesan dan lainnya. Selain itu, kamu pun bisa menuliskannya di kartu ucapan, lengkap dengan kado yang akan diberikan.

1. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Sahabat

Kalau sobat kentalmu sedang berulang tahun, kamu bisa mengirimkan ucapan ulang tahun yang indah dan menyentuh seperti di bawah ini :

2. Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Teman Wanita

Ini adalah ucapan ulang tahun islami yang bisa kamu berikan kepada teman wanita :

3. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Suami/Istri

Kalau pasangan halalmu sedang berulang tahun, jangan lupa untuk segera memberikan ucapan selamat ya. Lebih bagus jika sekalian memberikan kado yang berkesan. Jangan sampai lupa, jika tidak mau adanya huru-hara.

4. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Teman

Berikut ini adalah ucapan ulang tahun islami yang bisa kamu berikan kepada teman-temanmu :

5. Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Keluarga

Kalau ada anggota keluarga yang sedang berulang tahun, berikan ucapan dan doa terbaik seperti di bawah ini :

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi jika ada keluarga, pasangan, sahabat dan teman yang sedang berulang tahun. Jika mereka muslim, kamu bisa memberikan ucapan ulang tahun islami yang lengkap seperti di atas, jadi tidak ringkas dan dangkal seperti sebelumnya.

Baca Juga: