Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dengan Mudah & Cepat Cair

Shopee termasuk salah satu marketplace yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Terlebih aplikasi ini menyediakan opsi belanja sekarang bayar nanti atau Shopee Paylater. Kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang mencari bagaimana cara mengaktifkan Shopee Paylater.

Fitur ini adalah penolong ketika butuh untuk berbelanja tapi sedang tidak punya uang. Pengguna bisa membayarnya di akhir bulan atau memilih sistem cicilan sehingga pembayarannya menjadi lebih ringan. Metode pembayaran ini juga memberikan banyak promosi yang menggiurkan.

Daftar Isi

Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater

Syarat-Mengaktifkan-Shopee-Paylater

Sebelum membahas lebih dalam tentang bagaimana cara mengaktifkan Paylater di Shopee, ada baiknya jika Anda memahami beberapa persyaratan yang berlaku berikut ini.

Kalau sudah memenuhi berbagai persyaratan yang telah disebutkan di atas, maka pengguna bisa langsung melakukan aktivasi Shopee Paylater.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Tidak terlalu sulit untuk mengaktifkan opsi pembayaran Shopee Paylater. Namun pastikan bahwa Anda mengikuti panduan atau langkah-langkah yang diberikan di bawah ini terlebih dahulu.

Mengatasi Error Saat Verifikasi Wajah

Pada saat proses verifikasi wajah, tidak jarang terjadi error. Jika Anda juga dihadapkan pada situasi seperti ini, sebaiknya jangan panik dulu. Lakukan beberapa langkah penanganan seperti berikut ini.

Kalau proses verifikasi sudah dilakukan dan berjalan dengan baik, selanjutnya pengguna harus menunggu karen Shopee Paylater belum bisa langsung diaktifkan. Pihak Shopee akan melakukan pemeriksaan data terlebih dahulu.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan apakah pengguna memang benar-benar layak menggunakan layanan Shopee Paylater atau tidak. Jika layak, maka Shopee Paylater akan aktif dan bisa langsung digunakan.

Cara Mengatasi Shopee Paylater Ditolak

Jika permohonan aktivasi Shopee Paylater ditolak, sebaiknya Anda jangan langsung menyerah. Pasalnya, masih ada beberapa cara yang bisa diusahakan untuk mencoba kembali. Silakan simak tips dan penjelasan di bawah untuk mengatasinya.

1. Pastikan Sudah Penuhi Semua Syarat

Shopee mungkin saja menolak pengajuan aktivasi Paylater karena Anda belum memenuhi sebagian syarat yang berlaku. Coba pahami kembali syarat-syarat apa saja yang diberlakukan oleh Shopee dan lakukan evaluasi, apakah Anda sudah memenuhi seluruh syaratnya?

2. Pastikan Data Lengkap dan Jelas

Terkadang, pengajuan aktivasi Shopee Paylater ditolak karena data yang digunakan untuk mendaftar kurang jelas. Misalnya foto KTP yang buram, wajah terlihat gelap saat verifikasi, atau data yang digunakan tidak cocok dengan KTP.

Pengguna harus memastikan bahwa seluruh data yang digunakannya dalam proses ini sudah benar-benar lengkap dan sesuai dengan KTP. Perlu diketahui juga bahwa 1 identitas atau KTP hanya bisa digunakan untuk 1 akun.

Anda juga harus memastikan bahwa identitas yang digunakan untuk mengajukan Paylater sama dengan identitas yang dipakai untuk verifikasi akun.

3. Update Aplikasi Shopee

Masih menjadi perdebatan apakah versi aplikasi Shopee berpengaruh terhadap pengajuan aktivasi Shopee Paylater atau tidak. Namun sebagian pengguna memberikan keterangan bahwa setelah aplikasinya diperbarui dan mencoba mengajukan ulang, Shopee menyetujui.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengupdate aplikasi Shopee sebelum mempraktikkan cara mengaktifkan Shopee Paylater di atas.

4. Tingkatkan Transaksi

Salah satu syarat untuk bisa daftar Shopee Paylater adalah sering menggunakan aplikasi Shopee untuk bertransaksi. Jika permohonan Anda ditolak, bisa jadi sebabnya adalah transaksi yang masih dianggap terlalu sedikit oleh Shopee.

Jadi, langkah yang bisa dilakukan adalah menambah transaksi di aplikasi ini. Anda bisa membeli berbagai barang yang dibutuhkan. Bisa juga membeli produk elektronik seperti pulsa seluler, token listrik, paket data, dan lain sebagainya.

5. Ajukan Ulang Setelah Beberapa Waktu

Jika sudah melakukan berbagai langkah di atas, selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan ulang. Sebaiknya, pengajuan ulang tidak dilakukan secara langsung, tapi beri jeda beberapa hari. Anda bisa melakukan tutorial yang telah diberikan sebelumnya.

Setelah mengajukan ulang, pihak Shopee akan membutuhkan waktu 2 hari kerja untuk melakukan verifikasi terhadap data yang anda berikan. Setelah itu, Anda bisa melihat apakah permohonan kali ini ditolak lagi atau diterima.

Cara Berbelanja dengan Shopee Paylater

Cara-Mengaktifkan-Shopee-Paylater

Kalau permohonan pengajuan aktivasi Shopee Paylater sudah diterima, artinya Anda sudah bisa menggunakan metode pembayaran tersebut saat berbelanja. Silakan ikuti panduan berikut jika Anda masih bingung bagaimana caranya.

Ketika Anda telah menerima barang dan transaksi sudah selesai, uang akan diteruskan kepada penjual. Di sini, tagihan Shopee Paylater Anda sudah masuk ke database. Nantinya, tagihan akan muncul di tanggal 21, 25, atau tanggal 1 setiap bulan. Anda punya waktu 10 hari sebelum jatuh tempo pembayaran.

Cara mengaktifkan Shopee Paylater memang mudah. Namun Anda juga harus bijak menggunakannya, jangan sampai mendorong perilaku konsumtif karena hal ini bisa merugikan diri sendiri di kemudian hari.

Baca Juga: