Cara Menambah Keranjang Kuning di Tiktok dan Syarat Terbarunya

TikTok dikenal sebagai platform sosial media yang banyak diakses oleh pengguna dari seluruh dunia. Bukan hanya menyajikan konten video yang menghibur saja, TikTok juga efektif untuk berjualan online melalui keranjang kuning. Lantas, bagaimana cara menambah keranjang kuning di TikTok?

Sebagai informasi, keranjang kuning tersebut bisa ditambahkan pada saat live streaming maupun di dalam konten video. Tentunya informasi mengenai keranjang kuning dan cara menambahkannya di aplikasi TikTok penting untuk diketahui para seller. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Daftar Isi

Sekilas tentang Keranjang Kuning TikTok, Apa Fungsinya?

Sekilas tentang Keranjang Kuning TikTok, Apa Fungsinya

Sebelum membahas tentang cara menambah keranjang kuning di konten TikTok, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keranjang kuning TikTok. Secara umum, keranjang TikTok merupakan sebuah fitur yang disediakan untuk keperluan jualan online.

Fitur tersebut bisa disematkan pada konten video yang diunggah di TikTok atau saat melakukan live streaming. Nantinya fitur berupa keranjang kuning akan mengarahkan penonton menuju ke situs pembelian produk ketika keranjang kuning tersebut di klik.

Dapat dikatakan jika fitur keranjang kuning merupakan fitur promosi dan penjualan yang disediakan bagi para seller maupun pengguna TikTok yang mengikuti program affiliate TikTok.

Syarat untuk Bisa Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok

Syarat untuk Bisa Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok

Pada dasarnya keranjang kuning yang ada di TikTok menyediakan daftar produk yang dijual seller di TikTok Shop. Dengan adanya keranjang kuning tersebut maka penonton bisa dengan mudah melihat atau melakukan pembelian produk setelah menonton video TikTok yang diunggah seller.

Namun harus diingat bahwa untuk menambahkan keranjang kuning di TikTok tidak semua pengguna TikTok bisa melakukannya. Karena ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa menambahkan keranjang kuning tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keranjang kuning hanya tersedia bagi seller dan affiliate TikTok. Adapun syarat untuk bisa menambahkan keranjang kuning di TikTok antara lain adalah:

Cara Bergabung dalam Program Affiliate TikTok

Sebelum melakukan cara menambah keranjang kuning di TikTok, tentunya harus mengetahui bagaimana cara gabung dalam program affiliate, mengingat keranjang kuning hanya ditujukan bagi seller dan affiliate saja. Adapun caranya adalah seperti berikut:

Cara Menambah Keranjang Kuning di TikTok Terbaru

Jika sudah berhasil gabung dalam program affiliate, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat konten video dan mengunggahnya ke TikTok. Berikut ini panduan lengkapnya:

1. Membuat dan Mengunggah Konten Video di TikTok

Untuk bisa menambahkan keranjang kuning di TikTok maka pengguna harus login terlebih dahulu ke aplikasi TikTok menggunakan akun yang sebelumnya sudah terdaftar di TikTok Affiliate dan TikTok Shop. Selanjutnya, lakukan beberapa langkah berikut:

2. Memasukkan Tautan Produk

Setelah proses membuat dan mengunggah video selesai, maka cara menambah keranjang kuning di TikTok berikutnya adalah memasukkan tautan atau link produk yang dijual. Adapun caranya adalah:

Tips Jualan Laris di TikTok

Setelah mengetahui cara menambah keranjang kuning di TikTok, tentu diperlukan strategi khusus agar produk yang dijual laris di pasaran. Tidak perlu bingung, di bawah ini ada beberapa tips jualan laris yang bisa dicoba.

1. Fokus pada Produk

Tips yang pertama adalah fokus pada jenis produk yang akan dijual di TikTok Shop. Pastikan produk yang dijual sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya agar semakin banyak pengguna yang singgah dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Gunakan Foto Produk yang Menarik

Tips berikutnya agar jualan laris di TikTok adalah menggunakan foto produk yang menarik. Seperti yang diketahui tampilan foto produk akan sangat berpengaruh pada minat pembeli sehingga harus diperhatikan baik-baik agar foto terlihat estetik.

Foto produk tersebut akan terlihat di keranjang kuning sehingga harus dipastikan bahwa foto produk yang ditampilkan memiliki kualitas yang bagus, jelas dan estetik. Dengan tampilan yang bagus maka akan semakin banyak yang tertarik untuk membeli.

3. Aktif Melakukan Promosi

Cara menambah keranjang kuning di video TikTok akan semakin efektif dengan promosi yang tepat. Meskipun cara ini terbilang umum, namun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Seller TikTok harus bisa mempromosikan produk yang dijual dengan strategi yang tepat dan efektif.

Dalam hal ini seller TikTok bisa melakukan beberapa strategi promosi sesuai kebutuhan. Mulai dari membuat konten video kreatif agar masuk FYP dan ditonton banyak pengguna hingga memanfaatkan layanan promosi berbayar yang efektif untuk menarik perhatian konsumen.

4. Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Target Pasar

Tidak dipungkiri jika ada banyak konten unik yang berhasil masuk ke FYP sehingga mampu menyedot perhatian pengguna. Tidak ada salahnya seller membuat konten yang unik dan kreatif dengan gaya bahasa yang disesuaikan target pasar.

Strategi tersebut bisa diterapkan agar promosi yang disajikan melalui konten video bisa lebih diterima oleh target pasar dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan mencoba cara menambah keranjang kuning di TikTok dan menerapkan strategi promosi yang tepat dan efektif, maka jualan di TikTok akan semakin laris dan menarik minat banyak pembeli. Bagaimana, sudah siap untuk jualan di TikTok?

Baca Juga: