Cara Menambah Keranjang Kuning di Tiktok dan Syarat Terbarunya

TikTok dikenal sebagai platform sosial media yang banyak diakses oleh pengguna dari seluruh dunia. Bukan hanya menyajikan konten video yang menghibur saja, TikTok juga efektif untuk berjualan online melalui keranjang kuning. Lantas, bagaimana cara menambah keranjang kuning di TikTok?

Sebagai informasi, keranjang kuning tersebut bisa ditambahkan pada saat live streaming maupun di dalam konten video. Tentunya informasi mengenai keranjang kuning dan cara menambahkannya di aplikasi TikTok penting untuk diketahui para seller. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Sekilas tentang Keranjang Kuning TikTok, Apa Fungsinya?

Sekilas tentang Keranjang Kuning TikTok, Apa Fungsinya

Sebelum membahas tentang cara menambah keranjang kuning di konten TikTok, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keranjang kuning TikTok. Secara umum, keranjang TikTok merupakan sebuah fitur yang disediakan untuk keperluan jualan online.

Fitur tersebut bisa disematkan pada konten video yang diunggah di TikTok atau saat melakukan live streaming. Nantinya fitur berupa keranjang kuning akan mengarahkan penonton menuju ke situs pembelian produk ketika keranjang kuning tersebut di klik.

Dapat dikatakan jika fitur keranjang kuning merupakan fitur promosi dan penjualan yang disediakan bagi para seller maupun pengguna TikTok yang mengikuti program affiliate TikTok.

Syarat untuk Bisa Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok

Syarat untuk Bisa Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok

Pada dasarnya keranjang kuning yang ada di TikTok menyediakan daftar produk yang dijual seller di TikTok Shop. Dengan adanya keranjang kuning tersebut maka penonton bisa dengan mudah melihat atau melakukan pembelian produk setelah menonton video TikTok yang diunggah seller.

Namun harus diingat bahwa untuk menambahkan keranjang kuning di TikTok tidak semua pengguna TikTok bisa melakukannya. Karena ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa menambahkan keranjang kuning tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keranjang kuning hanya tersedia bagi seller dan affiliate TikTok. Adapun syarat untuk bisa menambahkan keranjang kuning di TikTok antara lain adalah:

  • Memiliki usia minimal 18 tahun dengan jumlah pengikut minimal 2000 followers.
  • Secara aktif mengunggah konten video di aplikasi TikTok setidaknya selama 28 hari terakhir.

Cara Bergabung dalam Program Affiliate TikTok

Sebelum melakukan cara menambah keranjang kuning di TikTok, tentunya harus mengetahui bagaimana cara gabung dalam program affiliate, mengingat keranjang kuning hanya ditujukan bagi seller dan affiliate saja. Adapun caranya adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama adalah membuka TikTok Shop Seller Center atau mengakses link https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  • Langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran atau login menggunakan akun TikTok.
  • Kemudian bisa dilanjutkan dengan mengisi semua data yang dibutuhkan dan mengikuti instruksi sampai mendapatkan bukti pendaftaran melalui email.
  • Jika sudah mendapatkan bukti registrasi maka tahap pertama untuk menambahkan keranjang kuning telah selesai.

Cara Menambah Keranjang Kuning di TikTok Terbaru

Jika sudah berhasil gabung dalam program affiliate, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat konten video dan mengunggahnya ke TikTok. Berikut ini panduan lengkapnya:

1. Membuat dan Mengunggah Konten Video di TikTok

Untuk bisa menambahkan keranjang kuning di TikTok maka pengguna harus login terlebih dahulu ke aplikasi TikTok menggunakan akun yang sebelumnya sudah terdaftar di TikTok Affiliate dan TikTok Shop. Selanjutnya, lakukan beberapa langkah berikut:

  • Klik pada tombol Add Video yang tersedia di halaman utama TikTok atau bisa juga dengan memilih ikon (+) yang berada di bagian bawah aplikasi.
  • Kemudian pada halaman Add Video tersebut pengguna bisa mengunggah konten video yang tersimpan di galeri melalui menu upload video from gallery. Atau bisa juga dengan menekan tombol merah untuk merekam video secara langsung.
  • Jika sudah maka bisa dilanjutkan dengan menekan opsi Done dengan ikon checklist ketika video sudah berhasil diunggah.
  • Selanjutnya pada halaman preview atau pratinjau, pengguna bisa langsung menekan tombol next agar bisa mendapatkan gambaran keranjang kuning di video tersebut.

2. Memasukkan Tautan Produk

Setelah proses membuat dan mengunggah video selesai, maka cara menambah keranjang kuning di TikTok berikutnya adalah memasukkan tautan atau link produk yang dijual. Adapun caranya adalah:

  • Langkah pertama adalah menekan tombol Add Link yang ada di halaman Posting.
  • Nantinya akan ditampilkan menu pop up dan pengguna bisa langsung memilih produk jualan yang akan dimunculkan di keranjang kuning TikTok.
  • Jika sudah bisa dilanjutkan dengan memilih produk dan menekan tombol Add pada halaman Showcase.
  • Jangan lupa untuk memberi nama pada produk yang akan dijual.
  • Setelah selesai maka pengguna akan kembali diarahkan secara otomatis ke halaman Posting.
  • Kalau masih ada produk yang ingin ditambahkan, maka bisa melakukan langkah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Selanjutnya pengguna bisa menambahkan hastag, caption, location, tag people, dan keterangan lainnya yang diperlukan.
  • Terakhir bisa menekan tombol Post dan keranjang kuning berhasil ditambahkan pada video yang diunggah.

Tips Jualan Laris di TikTok

Setelah mengetahui cara menambah keranjang kuning di TikTok, tentu diperlukan strategi khusus agar produk yang dijual laris di pasaran. Tidak perlu bingung, di bawah ini ada beberapa tips jualan laris yang bisa dicoba.

1. Fokus pada Produk

Tips yang pertama adalah fokus pada jenis produk yang akan dijual di TikTok Shop. Pastikan produk yang dijual sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya agar semakin banyak pengguna yang singgah dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Gunakan Foto Produk yang Menarik

Tips berikutnya agar jualan laris di TikTok adalah menggunakan foto produk yang menarik. Seperti yang diketahui tampilan foto produk akan sangat berpengaruh pada minat pembeli sehingga harus diperhatikan baik-baik agar foto terlihat estetik.

Foto produk tersebut akan terlihat di keranjang kuning sehingga harus dipastikan bahwa foto produk yang ditampilkan memiliki kualitas yang bagus, jelas dan estetik. Dengan tampilan yang bagus maka akan semakin banyak yang tertarik untuk membeli.

3. Aktif Melakukan Promosi

Cara menambah keranjang kuning di video TikTok akan semakin efektif dengan promosi yang tepat. Meskipun cara ini terbilang umum, namun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Seller TikTok harus bisa mempromosikan produk yang dijual dengan strategi yang tepat dan efektif.

Dalam hal ini seller TikTok bisa melakukan beberapa strategi promosi sesuai kebutuhan. Mulai dari membuat konten video kreatif agar masuk FYP dan ditonton banyak pengguna hingga memanfaatkan layanan promosi berbayar yang efektif untuk menarik perhatian konsumen.

4. Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Target Pasar

Tidak dipungkiri jika ada banyak konten unik yang berhasil masuk ke FYP sehingga mampu menyedot perhatian pengguna. Tidak ada salahnya seller membuat konten yang unik dan kreatif dengan gaya bahasa yang disesuaikan target pasar.

Strategi tersebut bisa diterapkan agar promosi yang disajikan melalui konten video bisa lebih diterima oleh target pasar dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan mencoba cara menambah keranjang kuning di TikTok dan menerapkan strategi promosi yang tepat dan efektif, maka jualan di TikTok akan semakin laris dan menarik minat banyak pembeli. Bagaimana, sudah siap untuk jualan di TikTok?

Baca Juga: