6 Cara Melewati Kode Verifikasi WhatsApp Karena Nomor Hilang

Seperti yang diketahui, untuk login ke aplikasi WhatsApp diperlukan kode verifikasi yang biasanya dikirimkan melalui SMS. Namun ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk dilakukan, seperti ketika nomor telepon sudah tidak aktif. Lantas, bagaimana cara melewati kode verifikasi WhatsApp?

Kode verifikasi sendiri diperlukan untuk melindungi data pengguna sehingga lebih aman. Sementara pada kasus tertentu, pengguna WA bisa saja memiliki nomor HP yang sudah tidak aktif sehingga sulit untuk login di perangkat baru, demikian juga jika HPnya hilang.

Daftar Isi

Fungsi Kode Verifikasi WhatsApp

Fungsi Kode Verifikasi WhatsApp

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk bisa login ke WhatsApp pengguna harus melalui proses verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi yang telah diterima melalui SMS. Apa sebenarnya fungsi kode verifikasi WhatsApp?

Sebagai informasi, kode verifikasi atau dikenal juga dengan istilah OTP merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari beberapa digit angka yang sifatnya sangat rahasia. Kode verifikasi hanya sekali pakai dan memiliki masa berlaku yang sangat singkat.

Adapun fungsi utama dari kode verifikasi WhatsApp adalah untuk melindungi dan menjaga keamanan data pengguna. Dapat dikatakan bahwa kode verifikasi adalah kunci untuk membuka aplikasi tersebut, sehingga tidak bisa diberikan kepada sembarang orang.

Setelah berhasil mengirimkan kode verifikasi sesuai dengan yang diterima melalui SMS, maka pengguna bisa masuk ke aplikasi WhatsApp dan menggunakan berbagai macam fitur yang tersedia.

Cara Melewati Kode Verifikasi WhatsApp dengan Mudah

Cara Melewati Kode Verifikasi WhatsApp dengan Mudah

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna yang kesulitan dan gagal melakukan verifikasi di aplikasi WhatsApp adalah karena nomor ponsel sudah tidak aktif sehingga tidak bisa dihubungi atau dikirimi SMS. Sama seperti ketika perangkat HP hilang, pengguna juga akan sulit login di perangkat baru.

Dengan banyaknya data penting yang tersimpan di WhatsApp, tentunya pengguna akan berusaha untuk tetap menggunakan nomor lama untuk mengakses layanan perpesanan tersebut. Namun karena kondisinya tidak memungkinkan, maka diperlukan solusi yang paling tepat.

Kali ini akan dijelaskan beberapa cara melewati kode verifikasi WA yang bisa dicoba jika kebetulan nomor telepon sudah tidak aktif dan ingin mengakses WA melalui perangkat baru. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasannya secara lengkap dibawah ini.

1. Menghubungi WhatsApp

Cara melewati kode verifikasi WhatsApp tanpa aplikasi bisa dengan menghubungi Whatsapp. Cara ini mungkin dianggap kurang praktis, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut ini langkah yang diperlukan:

2. Menggunakan Aplikasi Spoof Text

Cara melewati kode verifikasi WhatsApp berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan aplikasi Spoof Text. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar WhatsApp tanpa perlu memasukkan nomor HP. Caranya pun cukup sederhana, tinggal ikuti proses di bawah ini.

3. Menggunakan Aplikasi TextNow

Cara melewati kode verifikasi WhatsApp lainnya yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan aplikasi TextNow. Aplikasi ini memungkinkan untuk melakukan pendaftaran di WA menggunakan nomor virtual yang telah disediakan. Adapun langkah-langkahnya adalah:

4. Melalui Nomor Darurat

Alternatif berikutnya adalah melalui nomor darurat. Namun harus diingat bahwa cara melewati kode verifkasi WhatsApp nomor hilang yang satu ini sifatnya untung-untungan, bisa berhasil bisa tidak. Meski begitu tidak ada salahnya dicoba melalui beberapa langkah berikut:

5. Melalui Nomor Telepon Rumah

Cara melewati kode verifikasi WhatsApp tanpa input kode bisa dicoba dengan menggunakan nomor telepon rumah. Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan cara sebelumnya yang menggunakan nomor darurat. Adapun caranya adalah seperti berikut:

6. Meminta Bantuan Provider

Jika semua cara melewati kode verifikasi WhatsApp yang telah dijelaskan diatas masih tidak membuahkan hasil yang memuaskan, maka langkah terakhir yang bisa dicoba adalah meminta bantuan provider. Meskipun agak merepotkan, namun bisa dijadikan solusi terbaik.

Dalam hal ini pengguna bisa datang ke kantor provider dan meminta bantuan pihak provider untuk mengaktifkan nomor HP pengguna yang hilang atau tidak aktif sehingga bisa diakses kembali. Adapun caranya adalah:

Cara melewati kode verifikasi WhatsApp bisa diterapkan untuk login ke aplikasi WA di perangkat baru. Khususnya bagi pengguna yang nomor HPnya sudah tidak aktif. Dengan beberapa cara yang telah dijelaskan tersebut, pengguna bisa login di aplikasi WA meskipun nomornya sudah hangus.

Baca Juga: