6 Cara Ganti PIN ATM BCA yang Lupa dan Terblokir, Bisa Pakai HP

Ada banyak sekali alasan mengapa orang-orang mencari bagaimana cara ganti PIN ATM BCA. Entah karena lupa dengan PIN lama, tidak sengaja membuat rekening terblokir, atau sekedar mengganti PIN secara berkala demi keamanan uang yang ada di dalam rekening.

Apapun alasannya, kamu mungkin akan sangat terbantu dengan beberapa cara ganti PIN kartu ATM BCA ini. Walau bagaimanapun, cara ganti nomor PIN ATM BCA memang bukan perkara sulit selama memang kartu itu benar-benar milikmu sepenuhnya.

Daftar Isi

6 Cara Ganti PIN ATM BCA

Di dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan beberapa metode ganti PIN ATM BCA online hingga offline yang secara lengkap disajikan dengan ringkas dan jelas. Mulai dari cara ganti PIN BCA di ATM, cara ganti PIN E-Banking BCA, hingga cara mengganti PIN ATM BCA yang lupa, semuanya ada di sini!

Maka daripada itu, jangan ragu untuk membacanya hingga akhir karena bisa jadi salah satu solusi yang disampaikan bisa berguna. Langsung saja, berikut cara mengganti PIN ATM BCA yang lupa atau terblokir karena salah memasukkan PIN!

1. ATM BCA

ATM-BCA

Cara ganti PIN ATM BCA lewat mesin ATM bisa dengan cara mendatangi mesin ATM BCA terdekat. Setelah berhasil menemukan mesin ATM, ikuti langkah berikut:

Pastikan PIN baru tersebut bisa kamu ingat dengan baik karena akan sangat merepotkan jika sampai tidak ingat. Jangan lupa konfirmasi PIN dengan mengulangi kata sandi baru yang diinginkan agar memastikan kamu yakin dengan PIN baru yang telah dimasukkan.

Jika semua langkah telah dilakukan dengan benar, layar tampilan akan menampilkan pemberitahuan dengan pesan selamat bahwa penggantian PIN telah berhasil. Proses ini termasuk cara sederhana dan efektif untuk mengubah PIN ATM BCA, tapi tetaplah berhati-hati dalam mengingat PIN-nya.

2. BCA Mobile

BCA-Mobile

Jika tidak mau repot-repot pergi ke ATM BCA terdekat, kamu bisa coba langsung lewat aplikasi M-Banking atau BCA Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Play Store maupun App Store dan sudah teruji keamanannya.

Cara ini akan jauh lebih mudah jika kamu sudah pernah memakai M-Banking BCA sebelumnya. Sebab, kamu tidak perlu mendaftar kembali untuk login ke aplikasi. Jika belum, maka masukkan nomor 16 digit pada kartu BCA dan lakukan verifikasi lewat mengirim SMS sesuai instruksi aplikasinya.

Cara ganti PIN ATM BCA lewat M-Banking alias BCA Mobile ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan kode akses untuk masuk ke layanan menu aplikasi. Untuk tutorial lengkapnya, simak di bawah ini:

3. Call Center BCA

Call Center BCA memang tidak secara resmi menyebutkan bahwa mereka bisa mengatasi atau memfasilitasi proses pergantian PIN BCA. Namun, staff dapat memberitahumu cara ganti PIN ATM BCA tanpa ke bank langsung sehingga bisa menghemat waktu.

Layanan yang diberikan oleh Call Center BCA ini bisa diakses melalui WhatsApp, telepon, email, atau media sosial dari BCA. Namun, layanan ini dikhususkan hanya untuk mengatasi masalah lupa PIN ATM BCA, bukan untuk mengganti atau mengubahnya.

Sebaliknya, proses pengubahan PIN ATM memerlukan verifikasi dan otentikasi yang ketat, dan saat ini, layanan ini hanya bisa dilakukan melalui saluran yang dianggap lebih aman oleh BCA. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang ingin mengganti atau mengubah PIN ATM BCA, disarankan mengikuti prosedur resmi.

4. Cabang BCA

Cara ganti PIN ATM BCA yang terblokir bisa dengan datang langsung ke kantor cabang BCA. Cukup datangi kantor cabang dan sampaikan maksud kedatanganmu. Beritahu satpam tentang kendala yang kamu hadapi dan petugas tersebut akan memandumu untuk memilih layanan mana yang sesuai.

menyerahkan syarat-syarat tersebut, kamu akan diminta untuk menunggu untuk dicek kesesuaian datanya. Setelah itu, CS akan memintamu untuk membuat PIN baru. Sebaiknya, jangan menggunakan tanggal lahir sebagai PIN karena akan rawan dibobol oleh pelaku kejahatan.

5. Hubungi Halo BCA

Halo BCA juga termasuk bagian dari layanan Call Center dari BCA. Hanya saja, layanan ini memberikan waktu 24 jam menjawab semua pertanyaan dari pelanggannya. Berikut cara menghubunginya:

Kamu bisa bertanya tentang layanan produk, mengecek saldo, melaporkan kehilangan kartu ATM, meminta informasi terkait produk dan layanan BCA, mengajukan pertanyaan atau keluhan, serta berbagai layanan lainnya. Begitu pula dengan cara ganti PIN ATM BCA yang lupa, bisa juga kamu tanyakan juga.

Layanan Halo BCA ini memang sudah dikenal bisa mengatasi berbagai macam kendala. Meskipun tidak bisa membantumu mengganti PIN secara langsung, mereka akan turut memberikan informasi seputar pergantian PIN yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Dengan begitu, PIN bisa tetap aman.

6. Kirim Email ke BCA

Selain lewat nomor telepon yang mungkin bisa menyedot banyak pulsa, kamu juga bisa mencoba cara lain dengan mengirim email kepada BCA. Caranya cukup mengikuti langkah berikut:

Memang, sangat jarang sekali orang saat ini mengirimkan email untuk melakukan pengaduan. Hanya saja, cara ini cukup ampuh dilakukan jika kamu ingin mendapatkan jawaban langsung dari pihak BCA. Email tersebut juga akan selalu aktif, jadi jangan khawatir tidak akan mendapatkan balasan.

Perlu dicatat, mengirim email kepada BCA ini hanyalah opsi terakhir yang bisa kamu lakukan jika memang memiliki kendala terkait proses pergantian PIN. Tentunya sangat jarang sekali para pelanggan BCA mengirimkan email secara langsung sebab semua masalah bisa di atasi dengan cara-cara sebelumnya.

Kendala lupa PIN atau ATM terblokir memang sudah umum terjadi. Oleh karena itu, BCA pun menawarkan berbagai cara ganti PIN ATM BCA yang bisa para pelanggannya akses dengan mudah dan cepat. Jika kamu mengalami kendala ini, maka manfaatkanlah cara-cara di atas dengan sebaik mungkin!

Baca Juga: