Redmi Note 10S Pro 8/128 Harga dan Spesifikasi 2023

Hajijatim.id – Mengetahui kelebihan dari HP Redmi Note 10s termasuk dengan spesifikasi dan harga terbarunya, cocok untuk kamu yang mencari ponsel murah tapi tetap berkualitas. Sebab, Redmi menghadirkan seri Note 10s tersebut untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Redmi sebagai salah satu ponsel di bawah Xioami sering meluncurkan seri smartphone baru, bahkan setiap tahunnya. Bahkan hingga kini, mereka masih terus membuat produksi ponsel dengan beragam inovasinya.

Namun semakin banyak ponsel yang bermunculan dari berbagai merek membuat banyak orang yang sedang mencari ponsel menjadi kebingungan dengan produk mana yang harus dipilih. Oleh karena itu penting untuk mengetahui detail spesifikasi hingga kelebihan yang ada pada setiap ponsel.

Nah salah satu smartphone pabrikan Tiongkok yang bisa dijadikan pilihan adalah Redmi Note 10s. Walaupun sudah cukup lama perilisannya, yakni 2021, smartphone ini tetap akan tetap cocok untuk dipertimbangkan.

Untuk mengetahui detail HP tersebut, berikut ini informasi lebih lengkap mengenai Redmi Note 10s. Ini akan memberikan gambaran tentang ponsel yag ad

Daftar Isi

Tabel Spesifikasi Redmi Note 10s

Kelebihan Redmi Note 10s

Sebelum melihat lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 10s, kamu perlu mengetahui spesifikasi dari ponsel tersebut. Dalam memudahkanmu dalam mengetahui apa saja yang dibawa seri Note 10s, berikut Hajijatim.id sediakan tabel perbandingan. Berikut informasinya.

Tabel Spesifikasi

DimensiKetebalan 8,3 mmbobot 178.8 gram
LayarAMOLED 6.43 inciresolusi FHD+level kecerahan 1100Corning Gorilla Glass 3IP53
Hardware dan softwareMediaTek Helio G95CPU berkecepatan hingga 2.05 GHz.GPU Mali G76 MC4Android 11MIU 12.5
MemoriRAM 6 GB/8 GBInternal 64 GB/128 GBMendukung MicroSD
Kamera Depan13 MP
Kamera Belakang50 MP (utama), 8 (ultrawide), 2 MP (makro), 2 MP (depth)
Baterai5000 mAhFast charging 33W
Fiturfingerprint, gyroscope, WiFi, Bluetooth, USB-C, NFC dan lainnya
WarnaOcean Blue, Onyx Gray, dan Pebble White
HargaMulai dari Rp2,2 jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10s

Setelah mengetahui tabel spesifikasi sebagai gambaran awal, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ponsel Redmi Note 10s. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kelebihan

Desain Menarik dan Tahan Air

Redmi Note 10s memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah terkait dengan desainnya. Smartphone ini datang dengan tampilan yang cukup menarik. Bodinya memiliki dimensi yang slim dengan ketebalana sekitar 8,3 mm. Sementara untuk bobotnya seberat 178,8 gram, masih terbilang ringan.

Selain itu, smartphone tersebut terasa nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan. Tak hanya itu, ponsel ini juga menghadirkan fitur sidik jari atau fingerprint yang telah menyatu dengan tombol power. Jadi akan membuat ponsel terasa lebih ringkas dan simple.

Masih di bagian desain, eksterior dari smartphone seri Note tersebut hadir dengan material yang terbuat dari bahan plastik, khususnya pada sisi belakang serta bingkai.

Walaupun terkesan murah, tetapi sebenarnya ini akan memberikan keuntungan lantaran bisa menghindari dari noda sidik jari. Apalagi ini akan membuat ponsel ini lebih anti benturan bila dibandingkan dengan material yang dibuat dari kaca.

Sementara untuk pilihan warna, Redmi lebih memilih untuk menggunakan warna-warna klasik, seperti abu-abu (Onyx Gray), putih (pebble white), biru (ocean blue) yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan selera.

Tetapi kelebihan dari Redmi Note 10s tidak berhenti sampai di sana. Karena ternyata ada tambahan lain seperti perlindungan berupa rating IP53 yang terkenal akan tahan air. Jadi kamu bisa lebih lega dalam menggunakan smartphone tersebut.

Warna Layar yang Tajam

Sebagai salah satu smartphone kelas menengah yang terjangkau, Redmi Note 10s sudah dibekali dengan layar Amoled. Ini akan memberikan visualisasi gambar yang jernih dan lebih baik terkait dengan reproduksi warna.

Resolusi gambar dari layar ponsel ini sudah FHD+ yang memiliki luas sekitar 6,43 inci. Smartphone tersebut juga memiliki kedalaman warna yang luas, sedangkan untuk kontrasnya memiliki perbandingan 4,5 juta:1. Dengan begitu, satu warna saja sudah bisa menghasilkan jutaan pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera.

Dalam hasil pengujian kanal My Smart Price saja, kelebihan Redmi Note 10s soal tampilan warna ini terbukti. Smartphone tersebut memiliki warna yang cemerlang. Akan tetapi pada beberapa warna, ada yang berubah ketika dilihat dari sudut yang berbeda.

Level kecerahan yang dihadirkan pada smartphone ini juga sudah cukup tinggi, yakni 1100 nits. Ini akan menyebabkan ponsel Redmi Note 10 tetap terasa nyaman ketika dipakai saat dalam kondisi cuaca yang cerah dan terik.

Di dalam smartphone tersebut juga sudah tersedia fitur DC Dimming yang dapat berguna untuk orang-orang yang suka memainkan ponselnya jelang waktu tidur.

Sebab ini akan membantu mereka dalam mengurangi warna layar supaya mata tidak mudah lelah. Apalagi fitur tersebut juga ditambahkan dengan adanya sertifikasi rendah cahaya biru terpercaya dari Swiss SGS.

Kamera Dapat Diandalkan

Membahas smartphone tidak akan lengkap tanpa mengulik kemampuan kameranya. Apalagi sekarang kamera HP sering menjadi poin penting atau pertimbangan dalam membeli suatu perangkat alat komunikasi.

Diketahui, Redmi Note 10s memiliki empat kamera pada sisi belakang. Kamera utamanya beresolusi 64 MP dengan sensor sebesar 1/1.97 inci. Sedangkan untuk lensa ultrawidenya, smartphone tersebut datang dengan resolusi berukuran 8 MP dengan bukaan f/2.2.

Selanjutnya, kamera dari Redmi Note 10s juga membawa kamera pendamping seperti lensa makro 2 MP dengan bukaan f/2.4. Tidak hanya itu, terdapat pula lensa kedalaman dengan kekuatan 2 MP dan bukaannya sekitar f/2.4.

Sementara untuk bagian depan, ada lensa selfie yang berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.45 untuk menunjang kebutuhan swafoto dan vlogging.

Dalam hasil dari pengujian 91 Mobiles, Redmi Note 10s dapat diandalkan untuk menghasilkan foto mendetail, hingga komposisi warna gelap terang yang luas juga tone warna yang cukup pas.

Tidak hanya itu, eksposur dan fitur white balance-nya terjaga dengan baik, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih berkualitas bahkan ketika diambil dalam kondisi minim cahaya.

Kekurangan Redmi Note 10s

Di sisi lain, kamer ultrawide yang ada di dalam Redmi Note 10s mampu menghasilkan foto mendetail. Lensa ini akan sangat cocok untuk dipakai ketika mengambil gambar pemandangan atau foto rombongan.

Sementara itu, Redmi Note 10s juga memiliki kamera swafoto yang berkekuatan 13 MP. Kekuatannya itu pun masih mampu menghasilkan gambar yang baik. Bahkan lensa selfie tersebut juga dapat diandalkan untuk mengambil gambar di luar ruangan dengan cuaca terik.

Selain memotret, kamera HP Redmi seri Note tersebut juga bisa digunakan dalam merekam video. Resolusi yang tersedia hingga 4K dengan kecepatan 30 fps jika menggunakan lensa belakang. Sedangkan pada kamera depan, Redmi Note 10s bisa merekam video dengan resolusi hingga 1080p pada kecepatan 30 fps.

Performa Andal

Selanjutnya, kamu juga bisa menemukan kelebihan Redmi Note 10s dalam hal kinerja mesin. Xiaomi sendiri membekali produk tersebut dengan chipset MediaTek Helio G95 untuk menunjang performa yang baik. Kemampuannya itu bahkan setara dengan kemampuan dari Redmi Note 10 tanpa embel-embel “s” dengan chipsetnya yang menggunakan Snapdragon 678.

Mesin ini bekerja sama dengan proseos Octacore berkecepatan 2.05 GHz. Adapula GPU Mali G763 di bagian grafisnya untuk kinerja yang lebih kencang juga gesit. Karenanya, HP ini bisa diandalkan dalam urusan main game selain untuk kegiatan multitasking.

Dari hasil pengujian TechTablets, Redmi Note 10s diketahui mampu menjalankan game level sedang seperti PUBG Mobile tanpa ada gangguan yang berarti. Bahkan setelan grafisnya juga bisa menggunakan Smooth Extreme yang dapat menghasilkan grafis dengan konsisitensi kecepatan pada 60 fps.

Sedangkan untuk menjalankan permainan berat seperti Genshin Impact, smartphone tersebut masih sanggup dimainkan. Akan tetapi,setelan grafis paling rendah yang bisa digunakan adalah 60 fps. Diketahui pengujian ponsel tersebut dalam varian RAM 6 GB dan storage 64 GB.

Di sisi lain menurut hasil review Chetan Nayak, Redmi Note 10s akan sangat cocok untuk dipakai dalam memenuhi kegiatan multitasking. Ini karena performa mesinnya yang baik berpadu dengan RAM berjenis LPDDR4X serta storage-nya yang sudah datang dengan jenis UFS 2.2

Untuk skor Antutu-nya, seri Note 10s mendapatkan skor 276 ribuan. Tetapi jika diukur menggunakan Geekbench singlecore, perangkat ini mendapatkan skor multicore 501 serta 1578.

Memori yang Luas

Xiaomi sepertinya sadar akan kebutuhan dari memori yang luas dalam sebuah HP. Sebab, hal tersebut bisa membuat pengguna merasa kurang puas ketika ingin memainkan game lantaran hasil kinerjanya yang masih kurang mulus.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu smartphone butuh ruang memori yang lebih lapang, sehingga penyimpanan bisa lebih terasa nyaman. Hal ini juga yang dilakukan pada Redmi Note 10s.

Perihal kapasitas RAM-nya, Redmi menghadirkan kapasitas 6 GB dan 8 GB yang bisa dipilih para penggunanya. Lalu RAM tersebut dipadukan dengan penyimpanan internal sebsar 64 GB atau 128 GB. Pastikan untuk memilih kapasitas tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Jika masih belum cukup dengan memori yang ditawarkan di awal, kamu bisa memperbesar ruang penyimpanannya lagi menggunakan microSD (bukan tipe hybrid) dengan kapastas maksimal 512 GB. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan banyak data di dalam ponsel.

Baterai Tahan Lama

Keunggulan dari Redmi Note 10s selanjutnya adalah terkait dengan baterainya yang berkapasitas besar serta tahan lama. Baterainya sendiri memiliki daya tamping hingga 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini akan nyaman untuk dipakai dalam melakukan browsing. Diketahui smartphone tersebut bisa bertahan hingga 2 hari, cukup dengan satu kali pengecasan. Bahkan banyak gadget review yang memuji kemampuan dari baterai yang ditawarkan oleh Redmi Note 10s tersebut.

Terlebih, baterai seri Redmi yang satu itu juga sudah lengkap dengan adanya fitur pengisian cepat berdaya 33W. Fitur tersebut membuat pengecasan ulang daya bisa dilakukan dalam waktu 1 jam 20 menit. Namun, smartphone tersebut belum dibekali dengan fitur reverse charging yang bisa mengisi daya dari perangkat ponsel Redmi lain.

Selai masalah baterai, sebenarnya seri Note 10s juga unggul dalam urusan speaker. Fitur tersebut begitu nyaman untuk digunakan bermain game. Apalagi jenisnya juga sudah stereo yang mampu mengeluarkan suara berkualitas tinggi. Walaupun begitu, speaker pada bagian atas masih agak kurang bertenanga ketika dalam kondisi volume rendah.

Fitur Sensor Lengkap

Di dalam ponsel Redmi Note 10s, Xiaomi telah menyiapkan banyak sensor yang siap menunjang kebutuhan sehari-hari para pengguna ponselnya. Bahkan koleksinya juga cukup lengkap, seperti accelerometer, light, gyroscope, IR blaster, kompas, fingerprint, hingga proximity sensor. Selain itu, ada pula motor getaran linier yang dapat memberikan umpan balik haptic dengan sensasi yang lebih lebih baik.

Diketahu haptic tersebut umum dipakai dalam menghasilkan getaran ketika pengguna ponsel menyentuh layar smartphone. Tidak hanya itu, ada juga fitur tambahan seperti jack audio dan port USB tipe C untuk mengecas ponsel.

Selain itu, Redmi Note 10s sudah menyediakan fitur kekinian seperti, NFC untuk menunjang kemudahan berbelanja online. Sedangkan untuk Bluetooth yang dipakai menggunakan versi 5.0 serta masih memiliki rafio FM untuk mendengarkan radio.

Kekurangan

Belum Mendukung Mode Refresh Rate

Redmi Note 10s mengusung layar Amoled yang bisa menghasilkan warna, kecerahan, hingga sudut pandang yang baik. Selain itu, sensitivitas dari sentuhan fitur touch sampling yang sudah mencapai 180 Hz, cocok untuk digunakan dalam bermain game.

Meski layarnya sudah hadir dengan fitur touch sampling yang cukup tinggi, sayangnya smartphone ini belum memiliki fitur refresh mode yang berkecepatan tinggi. Padahal fitur tersebut bisa membuat pengalaman sensorik pengguna ponsel menjadi lebih memuaskan karena tampilannya yang mulus.

Fitur MIUI 12.5 Belum Cukup Lengkap

Redmi Note 10s memiliki sistem operasi berupa MIUI 12.5 yang berbasih Android 11. Dengan begitu, sistem ini akan menghadikan berbagai saplikasi seperti notes/memo, perekaman layar, cuaca, dan lainnya yang berguna untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, fitur yang ada di dalam MIUI 12.5 ini masih belum lengkap. Apalagi di dalamnya juga masih kurang dalam hal penyesuaian. Selain itu, sistem antarmukanya juga belum mendapatkan dukungan navigasi dengan basis gestur hingga gerakan dari aplikasi launcher yang dibuat pihak ketiga.

Akhir Kata

Setelah mengetahui spesifikasi beserta dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada ponsel Redmi Note 10s, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai ponsel tersebut. Kamu juga bisa melihat apakah ponsel tersebut sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencari ponsel baru!