Cara Menghapus Foto Profil TikTok agar Terlihat Kosong, Mudah!

Saat membuat akun baru TikTok, pengguna diwajibkan untuk melengkapi data yang diperlukan. Mulai dari nama panjang, username, hingga foto profil. Namun untuk foto profil, terkadang ada pengguna yang ingin menghapusnya. Ada yang sudah tahu, bagaimana cara menghapus foto profil TikTok?

Karena foto profil sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada akun TikTok, yaitu menunjukkan identitas pengguna sehingga mudah dikenali. Bukan hanya itu saja, bagi pengguna dengan banyak followers dan viewers, foto profil jadi syarat penting untuk mendapatkan verifikasi.

Daftar Isi

Fungsi Foto Profil pada Akun Sosial Media

Fungsi Foto Profil pada Akun Sosial Media

Secara garis besar, foto profil berfungsi sebagai identitas pemilik akun. Sesuai dengan pembahasan kali ini maka foto profil TikTok merupakan identitas dari pemilik akun TikTok. Dengan perkembangan sosial media yang begitu pesat, foto profil menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan.

Sosial media seperti TikTok dan lainnya bisa menjadi sarana bagi banyak orang untuk saling mengenal dan bahkan menemukan teman lama. Itulah mengapa pengguna sosial media memerlukan foto profil yang memudahkan orang untuk mengenalinya.

Meski demikian, sebenarnya foto profil tidak bisa menjelaskan siapa sebenarnya pemilik akun sosial media tersebut. Bahkan tidak jarang pemilik akun menggunakan foto orang lain pada profilnya. Namun tentunya masih banyak yang menggunakan foto aslinya sehingga mudah dikenali banyak orang.

Dalam hal ini, foto profil bukan hanya sekedar sebagai identitas pemilik akun TikTok saja tetapi juga sarana untuk berkomunikasi. Foto profil yang digunakan akan merepresentasikan identitas dari masing-masing pengguna sosial media.

Apakah Foto Profil TikTok Bisa Dihapus?

Apakah Foto Profil TikTok Bisa Dihapus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, TikTok mengharuskan penggunanya untuk memasang foto profil sehingga lebih mudah dikenali. Namun sayangnya, tidak sedikit pengguna yang ingin menghapus foto profil karena alasan tertentu. Sebenarnya bisa tidak foto profil TikTok dihapus?

Jawabannya adalah tidak. Perlu diketahui bahwa TikTok tidak menyediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk menghapus foto profil pada akun TikTok miliknya. Jadi bagaimana solusinya? Tidak perlu khawatir, karena hal itu masih bisa disiasati dengan cara yang lain.

Cara Menghapus Foto Profil TikTok dengan Mudah

Pada penjelasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa untuk menghapus profil di TikTok tidak bisa dilakukan, karena dari pihak TikTok sendiri mengharuskan adanya foto profil sebagai identitas. Lantas, bagaimana cara menyiasati kondisi tersebut?

Solusinya adalah dengan mengubah foto profil menjadi gambar polos, bisa menggunakan warna hitam atau putih sesuai keinginan. Dengan kata lain, foto profil akan dibuat seolah-olah tidak memiliki gambar dan hanya berupa warna polos saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut in adalah cara menghapus foto profil di TikTok dengan image berwarna polos:

1. Menyiapkan Image Polos dengan Warna Hitam atau Putih

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin mengubah profil TikTok agar terlihat kosong adalah dengan menyiapkan image berwarna hitam atau putih polos. Untuk mendapatkan image yang diinginkan, pengguna bisa mencarinya di internet.

2. Membuka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Menu Profil

Setelah mendapatkan image yang dibutuhkan maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Profil. Menu ini terletak di bagian bawah, tepatnya di sebelah pojok kanan.

3. Klik pada Ikon Pensil

Adapun cara menghapus foto profil TikTok selanjutnya adalah dengan klik ikon Pensil yang berfungsi untuk mengedit foto profil. Ikon pensil ini letaknya ada di sudut foto profil TikTok. Jika sudah di klik, maka pengguna akan langsung diarahkan menuju ke menu galeri di perangkat.

4. Pilih Gambar Polos yang Sudah Disiapkan

Jika sudah masuk ke menu galeri di perangkat, maka langkah berikutnya adalah memilih gambar polos yang sebelumnya sudah disimpan. Dalam hal ini foto yang dipilih bisa berupa gambar polos dengan warna hitam atau warna putih.

5. Melakukan Pengaturan pada Ukuran Foto

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan pada ukuran foto. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan ikon lingkaran yang terletak di sebelah kanan dan ukuran foto bisa disesuaikan dengan keinginan.

6. Melakukan Konfirmasi Foto Profil

Setelah selesai melakukan pengaturan foto, maka langkah berikutnya adalah mengkonfirmasi foto profil. Pada tahap ini pengguna hanya perlu klik pada opsi Konfirmasi yang berada di sudut bagian bawah.

7. Menyimpan Perubahan Foto Profil

Langkah terakhir adalah menyimpan perubahan foto profil yang telah dilakukan sebelumnya dengan menekan opsi Simpan. Jika semua langkah tersebut selesai dilakukan, maka secara otomatis foto profil akan berubah menjadi polos sehingga terkesan kosong.

Ringkasan Cara Menghapus Foto Profil TikTok

Jika sebelumnya sudah dijelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara mengubah foto profil TikTok sehingga seperti kosong atau dihapus. Untuk lebih memperjelas pembahasan sebelumnya, berikut ini adalah ringkasan cara menghapus foto profil di akun TikTok yang bisa dilakukan:

Sebagai informasi, untuk mengubah foto profil secara langsung di menu Edit Profile, pengguna bisa memanfaatkan tombol Take Photo sehingga secara otomatis foto yang dihasilkan bisa dijadikan foto profil TikTok.

Cara Menghapus Video Profil di TikTok

Sebelumnya sudah dijelaskan cara menghapus foto profil TikTok secara lengkap, selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara menghapus video profil di TikTok. Berbeda dari kebijakan TikTok yang mengharuskan adanya foto profil, pada video profil justru bisa dihapus dengan mudah.

Karena dari pihak TikTok sendiri sudah menyediakan fitur Remove Video yang secara efektif bisa digunakan untuk menghapus video yang digunakan pada profil pengguna. Seperti yang diketahui, pada profil bukan hanya berupa foto saja tetapi juga video.

Video profil tersebut bisa diambil dari kamera atau bisa juga dari galeri di perangkat pengguna. Untuk menghapus video profil, pengguna perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti berikut:

Pada dasarnya cara menghapus foto profil TikTok tidak bisa dilakukan karena TikTok belum menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus profilnya. Meski begitu, pengguna masih bisa menyiasatinya dengan mengubah tampilan profil menjadi polos sehingga terlihat kosong.

Baca Juga: